Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Warga Mandiri

  • Agus Karjuni IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Sabrina Nurillah IAI Bunga Bangsa Cirebon
Keywords: pemimpin, kerja, kinerja

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh Gaya kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Berbasis Etos Kerja Islami (Studi Kasus Pada SMK Mandiri Cirebon). Kajiannya dilator belakangi oleh pola hubungan yang terjadi antara atasan dengan bawahan dapat menyebabkan karyawan merasa senang atau tidak senang bekerja disuatu koperasi tersebut, untuk itulah suatu organisasi selalu dilakukan pengolahan sumber daya manusia untuk mendapatkan orang yang tepat untuk jabatan yang tepat.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Berbasis Etos Kerja Islami (Studi Kasus Pada SMK Mandiri Cirebon). Dengan begitu bisa menjadi tolak ukur koperasi untuk lebih meningkatkan lagi gaya kepemimpinan perusahaan dimasa yang akan datang.

            Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket. Teknik Pengumpulan data Ini untuk mendapatkan data pengaruh variabel (X1) Gaya kepemimpinan dan variabel (X2) Disiplin kerja terhadap variabel (Y) kinerja karyawan bebasis etos kerja islami pada Koperasi Warga Mandiri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu pengambilan sampel secara menyeluruh dari total populasi dari 16 data responden. Kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini.

            Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel (X1) gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap variabel (Y) kinerja karyawan berbasis etos kerja islami pada Koperasi Warga  Mandiri, hal ini berdasarkan hasil uji t bahwa nilai sig > 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. yang artinya adalah gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian ini juga di perkuat dengan hasil angket yang menerangkan bahwa variabel gaya kepemimpinan memiliki rata-rata presentasi 95% serta variabel (X2) disiplin kerja karyawan berpengaruh terhadap variabel (Y) kinerja karyawan koperasi simpan pinjam SMK Mandiri Cirebon, hal ini berdasarkan hasil uji t bahwa nilai sig < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H2 diterima. Terlihat dari pengisian angket yang menggambarkan variabel disiplin kerja rata-rata presentasinya 93,6% dalam disiplin kerja. Adapun uji F menunjukkan nilai F hitung 3,686, dimana nilai 3,686 > F tabel sebesar 2,145, ini berarti variabel kepemimpinan (X1) dan disiplin kerja (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan (Y), sedangkan gaya kepemimpinan dan disiplin kerja secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 36,2%, sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Published
2021-09-30
How to Cite
Karjuni, A., & Nurillah, S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Warga Mandiri. Eduprof : Islamic Education Journal, 3(2), 91-107. https://doi.org/10.47453/eduprof.v3i2.88

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.