Metode Kupas Rangkai Silaba Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini

(Studi Kasus Kesulitan Membaca di RA Wathoniyah Kabupaten Cirebon)

  • Nur Syamsiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

This study aims to determine and describe the effectiveness of the use of the silaba chain peel method as an alternative in overcoming the problem of initial reading difficulties. The method used in this study is a qualitative method with a case study approach to one of the students in group B RA Wathoniyah, Cirebon Regency. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation studies. Data analysis techniques are data reduction, data presentation, data analysis, data interpretation and data conclusions. The results of this study are the problems of beginning reading difficulties caused by internal and external factors. Internal factors can be in the form of intelligence (IQ), interests, attitudes, talents, motivations, reading goals, and so on. Meanwhile, external factors can be in the form of means of reading, reading texts (simple-heavy, easy-difficult), environmental factors, or factors of socioeconomic background, reading habits and traditions. In addition, biological factors and teaching factors also contribute to the problem of reading difficulties. The method of peeling silaba strings can be used as an alternative in overcoming initial reading difficulties in children affected by dysexia. This is because the silaba method is a method of learning to read the beginning which in its introduction introduces words first then forms silaba and is peeled into letters, then from letters strung back into silaba, then becomes words and forms sentences. So students can remember syllables faster without having to spell them.
Keywords: Method; Peel the profit frame;  read the beginning


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode kupas rangkai silaba sebagai alternatif dalam mengatasi permasalahan kesulitan membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada salah satu siswa kelompok B RA Wathoniyah Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, analisis data, interpretasi data dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah permasalahan kesulitan membaca permulaan disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat berupa intelegensia (IQ), minat, sikap, bakat, motivasi, tujuan membaca, dan sebagainya. Sementara itu, faktor eksternal dapat berupa sarana membaca, teks bacaan (sederhana-berat, mudah-sulit), faktor lingkungan, atau faktor latar belakang sosial ekonomi, kebiasaan dan tradisi membaca. Selain itu faktor biologis dan faktor pengajar juga turut andil dalam permasalahan kesulitan membaca. Metode kupas rangkai silaba dapat dijadikan sebagai alternatif dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada anak-anak yang terkena diseleksia. Hal ini disebabkan karena metode silaba merupakan metode pembelajaran membaca permulaan yang dalam pelaksanaannya  mengenalkan kata terlebih dahulu kemudian membentuk silaba dan dikupas menjadi huruf, selanjutnya dari huruf dirangkai kembali menjadi silaba, kemudian menjadi kata dan membentuk kalimat. Sehingga siswa lebih cepat mengingat suku kata tanpa harus mengejanya.


Kata Kunci:  Metode; Kupas raingkai silaba; membaca permulaan                                                 


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Cet.3 Jakarta: Rineka Cipta
Anderson, Paul S. 1972. Language Skills in Elementary Education. New York:Macmillan Publishing Co.Inc.
Badudu. J. S. 2009. Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah:
Tinjauan dari Masa ke Masa, Bambang Kaswanti Purwo (ed), Pelba 6. Cet.3 Yogyakarta: Kanasius.
Dewi, Kristiantini. 2010. Disleksia: Si Pintar yang Sulit Membaca. [Online]. Tersedia: http://indigrow.wordpress.com/2010/10/29/disleksia-si-pintar-yang-sulit-membaca [ diunduh, 2 November 2010]
Fachruuozi, Aziz., dkk. 2010. Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional dan Kontemporer. Jakarta: bania publishing.
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
Hidayati, F., & Kamaludin, K. (2021). Analisis Pengaruh Teknik Think Pair Share dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi pada Taruna Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 463-471.
Hidayati, F. (2016). Keefektifan Metode Reciprocal Learning Dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau Dari Minat Membaca Karya Sastrasiswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Semiawan, Conny. R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini.
Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2020-02-28
How to Cite
SYAMSIYAH, Nur. Metode Kupas Rangkai Silaba Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 56-68, feb. 2020. ISSN 2549-0141. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/60>. Date accessed: 03 may 2024.