Entitas Manusia Dalam Quran Serta Implikasinyanya Dalam Pendidikan Dan Mitigasi Covid –19

  • Yoyoh Badriyyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Eman Sulaeman

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini ini mengkaji soal entitas manusia dalam Alquran dan implikasinya dalam dunia pendidikan dan mitigasi dari covid 19. Kajian terhadap entitas manusia dalam alquran menjadi hal yang penting melihat posisinya sangat dasar dalam pemberian layanan pendidikan dan mitigasi covid 19.  Tujuan dari penelitian ini menemukan suattu konsep dalam mitigasi wabah covid-19 dari pendekatan pendidikan dan pemahaman diri manusia atas dirinya sebagai makluk biologis dan psikologis. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif, dengan metode penelitian yaitu analisis teks / pustaka. Sedangkan objek kajiannya yaitu ayat-ayat Alquran serta teks-teks yang berkaitan dengan pendidikan dan covid-19.  Dalam analaisis ayat, peneliti menggunakan pendekatan tematik, dimulai dari menghimpun ayat-ayat  Al-Quran yang berkatian dengan entitas manusia, mengklasifikasikan dan menafsirkan dari sudut pandang pendidikan dan kesehatan. Hasil penelitian, diperoleh: pertama, manusia -dalam padangan Alquran- merupakan entitas yang terbangun oleh  dua komponen dasar yaitu komponen biologis dan makluk psikologis; Kedua, kesadaran diri manusia sebagai makluk biologis dan psikologis berimplikasi terhadap  pendidikan,  bahwa kedua aspek tersebut perlu mendaptkan layanan pendidikan secara kuat dan seimbang supaya mampu menghadapi berbagai persoalan baik yang menyangkut fisik atau imunitas  (seperti  wabah covid) maupun psikis (seperti stres, kecemasan dan ketakutan); ketiga, pemulihan wabah covid-19,- dalam konteks pemahaman esensi manusia sebagai makluk biologis dan Psikologis- perlu didekati dengan dua hal, yaitu penguatan psisik / imunitas seperti pengobatan dan vaksinasi, serta pendidikan / penguatan psikis seperti pembiasaan berdzikir, berdoa, hiburan dan konsulting bagi pasen isoman.


ABTRAC


This study examines the human entity in the Qur'an and its implications in the world of education and mitigation of covid 19. The study of the human entity in the Qur'an is important considering its very basic position in providing educational services and mitigating covid 19. The purpose of this study is to find a concept in mitigating the covid-19 outbreak from an educational approach and human self-understanding of himself as a biological and psychological being. This research is descriptive qualitative, with research method that is text/library analysis. While the object of study is the verses of the Koran and texts related to education and COVID-19. In the verse analysis, the researcher uses a thematic approach, starting from collecting the verses of the Koran related to human entities, classifying and interpreting it from the point of view of education and health. The results of the study, obtained: first, humans -in the view of the Koran- are entities that are built by two basic components, namely biological components and psychological beings; Second, human self-awareness as biological and psychological beings has implications for education, that both aspects need to receive strong and balanced educational services in order to be able to deal with various problems, both related to physical or immunity (such as the covid outbreak) and psychologically (such as stress, anxiety and depression). Fright); third, the recovery from the covid-19 outbreak, - in the context of understanding the essence of humans as biological and psychological beings - needs to be approached with two things, namely physical strengthening/immunity such as treatment and vaccination, as well as education/psychic strengthening such as habituation of dhikr, prayer, entertainment and counseling. for isoman patients.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abudul HAq, Abu Muhammad. tt Almuharror al wajiz. Maktabah syamilah.
Al-Alusi, Sihabbudin Mahmud. tt. Ruh Al-ma'ani fi tafsiri Alquran al-'adzhim al-sabi almatsani. Maktabah Syamilah.
Al-Askari, Abu Hilal. tt. Al-furuq fi Al-Lughah.
At-Thobari, Abu Ja'far. tt. At-Thobari. Jamiul Bayan Fi Ta'wilil Quran. Maktabah Syamilah.
Faridl. Miftah. 2002. Hidup Anda di Tangan Siapa? Bandung: PT Syamil Cipta Media.
Fu’ad Abdul Baqi, Muhammad. 1992. Al-Mu’jam al-Mufahras li alfadz al-Qur’an al-Karim, T.kp. : Darul Fikri
Al-Ghazali. 1968. Ma’arij al-Quds, Kairo : Maktab al-Jundi.
Al-Ghazali, 1964. Mizan al-‘Amal, Kairo : Dar al-Ma’arif
Madzkur, Ali Ahmad Madzkur. 2002. Manhaj Al-Tarbiyyah Fi Al-tashowur Al-Islamy. Kairo: Dar Al-fikr al-'Aroby.
Sihab, Quraish. 1996. Wawasan Alquran Bandung: Penerbit Mizan.
Sihab, Quraish Sihab. 2004. Tafsir al-Misbah. Vol. 7, 8, 14, 15, Jakarta: Lentera Hati.
__________ Tafsir Almisbah Vol.7 Jakarta: Lentera Hati. 2004.)
Ibn 'Asyur. tt. At-Tahriru Wa Tanwir. Maktabah Syamilah.
Published
2021-08-30
How to Cite
BADRIYYAH, Yoyoh; SULAEMAN, Eman. Entitas Manusia Dalam Quran Serta Implikasinyanya Dalam Pendidikan Dan Mitigasi Covid –19. Misykah : Jurnal Pemikiran dan Studi Islam, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 161-169, aug. 2021. ISSN 2503-0973. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/misykah/article/view/478>. Date accessed: 03 may 2024.