Konsep Pendidikan Karakter Menurut Syaikh Musthafa Al-Ghalayaini Dalam Kitab ‘Idhatun Nasyi’in

  • Habib Abdul Muhyi Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Abstrak


karakter remaja yang semakin memperhatikan. Maka upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki itu semua tidak lepas dari peran pendidikan karakter.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan karakter menurut syaikh Musthafa al-Ghalayaini dalam kitab ‘Idhatun Nasyi’in dan relevansinya terhadap nilai-nilai karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, relevansi terhadap nilai-nilai karakter siswa menurut syaikh muasthafa al-ghalayaini dalam kitab ‘idhatun nasyi’in. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: Pertama, pendidikan karakter menurut syaikh Musthafa al-Ghalayaini sebagaimana pendidikan karakter pada umumnya, yaitu menanamkan akhlak yang utama, budi pekerti yang luhur serta didikan yang mulia dalam jiwa anak-anak, sejak kecil sampai ia menjadi orang yang kuasa untuk hidup dengan kemampuan usaha dan tenaganya sendiri. Kedua, nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam kitab ‘Idhatun Nasyi’in, diantaranya : percaya diri; sabar dan tabah hati; ikhlas; optimis; berani; solidaritas; jujur; religius; cinta damai; cinta tanah air; toleransi dan saling menghargai; kedermawanan; dapat dipercaya; tolong menolong, memaksimalkan pekerjaan; tawakal; dan  mandiri. Ketiga, konsep pendidikan karakter menurut syaikh Musthafa al-Ghalayaini memiliki relevansi terhadap corak pendidikan di Indonesia.


Abstract


teenage characters who are increasingly paying attention. So efforts that can be made to improve it all cannot be separated from the role of character education. This study aims to describe the concept of character education according to Shaykh Musthafa al-Ghalayaini in the book 'Idhatun Nasyi'in and its relevance to the character values ​​of students. This study aims to determine the concept of character education, character values, relevance to student character values ​​according to Shaykh Muasthafa al-Ghalayaini in the book 'idhatun nasyi'in. This research is a library research (library research). This study produced several findings, namely: First, character education according to Shaykh Musthafa al-Ghalayaini as character education in general, namely instilling the main character, noble character and noble upbringing in children's souls, from childhood until they become adults. who has the power to live with his own effort and power. Second, the values ​​of character education contained in the book 'Idhatun Nasyi'in, including: self-confidence; patient and steadfast; sincere; optimistic; brave; solidarity; honest; religious; love peace; love for the homeland; tolerance and mutual respect; generosity; can be trusted; help, maximize work; trustworthiness; and independent. Third, the concept of character education according to Shaykh Musthafa al-Ghalayaini has relevance to the style of education in Indonesia. Both in concepts, character values ​​and the purpose of education itself, namely for the creation of individuals with noble character or virtuous character.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Rahman, Tujuan Pendidikan Nasional Perspektif Al-Qur’an. (Jakarta: Insania, 2011)
Al-Ghalayaini, Musthafa., Idhotun Nasyiin (Bimbingan Menuju Akhlak Luhur) Diterjemahkan Oleh Moh. Abdai Rathomy (Semarang: PT Karya Toha Putra, 2002)
Heri, Gunawan, Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasi. (Bandung: Alfabeta, 2012)
Khan, Yahya, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan (Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010)
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam (Jakarta: Amzah, 2015)
Mulyana, Deddy, Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001)
Nikmah, Ulfatun, ‘KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYAIKH MUSTHAFA AL-GHALAYAINI DALAM KITAB ‘IDHOTU AN-NASYIIN’ (fakultas Tarbiyah dan Imu keguruan, 2017)
Syuri, M, ‘Pendidikan Berbasis Karakter Melalui Pembelajaran Kontekstual’, Media Neliti, 2010
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003
Published
2021-08-31
How to Cite
MUHYI, Habib Abdul. Konsep Pendidikan Karakter Menurut Syaikh Musthafa Al-Ghalayaini Dalam Kitab ‘Idhatun Nasyi’in. Misykah : Jurnal Pemikiran dan Studi Islam, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 117-126, aug. 2021. ISSN 2503-0973. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/misykah/article/view/469>. Date accessed: 04 may 2024.