PENERAPAN METODE MARKET BASKET ANALISIS DALAM PENENTUAN PEMASARAN IKAN KOI (STUDI KASUS: SUMBER KOI BLITAR)

  • Refina Andini Mega Putri
  • Kurnia Paranita Kartika Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar
  • Filda Febrinita Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi internet, petani koi di Desa Sumber Blitar masih mempunyai suatu kendala dalam penjualan. Usaha koi “Sumber Koi” Blitar bergerak di bidang pembesaran bibit dan penjualan ikan koi. Penjualan sebelumnya dilakukan dengan cara membuka website sumber koi blitar di internet, instagram dan juga whatssap sehingga hanya customer tetap yang dapat mengakses. Petani di “Sumber Koi” membutuhkan suatu metode cepat untuk memperkirakan jumlah bibit, jenis bibit, dan rekapitulasi penjualan untuk mempermudah proses pemasaran ikan koi. Untuk mengatasi permasalahan ini digunakan metode (MBA) yang dapat menganalisis produk yang dibeli secara bersamaan, produk yang sering dibeli oleh pelanggan serta jumlah produk yang terbeli. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode prototype  meliputi yang dimulai dari pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, mengkodekan sistem, dan menguji sistem. Pada penelitian ini diperoleh hasil suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk memperkirakan pemasaran ikan koi menggunakan metode Market Basket Analysis (MBA). Pengujian yang dilakukan meliputi, pengujian Black Box, pengujian ahli validator, serta pengujian pengguna. Dari pengujian Blacx Box diperoleh hasil keseluruhan fungsional aplikasi berfungsi dengan baik. Dari pengujian validasi yang dilakukan oleh 2 validator diperoleh porsentase kesesuaian hasil 77,5%. Hasil pengujian aplikasi oleh pengguna diperoleh porsentase kesesuaian hasil 89%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-06
How to Cite
Andini Mega PutriR., Paranita KartikaK. and FebrinitaF. (2021) “PENERAPAN METODE MARKET BASKET ANALISIS DALAM PENENTUAN PEMASARAN IKAN KOI (STUDI KASUS: SUMBER KOI BLITAR)”, Jurnal Mnemonic, 4(2), pp. 57 - 63. doi: 10.36040/mnemonic.v4i2.4161.