Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas 5 di MI Hidayatullah Martapura

  • Mursyidawati Madrasah Ibtidaiyah Hidayatullah Martapura, Kalimantan Selatan,  Indonesia
Keywords: Model Kooperatif make a macth, Hasil belajar Aqidah Akhlak, Materi Asmaul Husna, Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan bagaimana penerapan model kooperatif make a match untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Asmaul Husna siswa kelas V MIS Hidayatullah. Penelitian ini dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang disebut classroom action research, prosedur pelaksanaan tindakan kelas dalam penelitian ini diatur dalam skenario model penelitian tindakan kelas dengan rancangan distrukturkan dalam dua siklus, dimana Siklus I merupakan prerekuiset dari siklus berikutnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan (langkah), yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi, dilaksanakan di Kelas 5A, berjumlah 16 orang. Jumlah laki-laki sebanyak 6 orang dan siswa perempuan berjumlah 10 orang.  Adapun lokasi di MIS Hidayatullah Martapura Jl. Pangeran Hidayatullah No. 1A. Hasil penelitian Tindakan kelas yang sudah dilakukan bahwa Penerapan  Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match  Materi Mengenal Allah swt Melalui Asmaul Husna, dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5A MI Hidayatullah Martapura Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan tingkat ketuntasan pada siklus I sebanyak 62,5% dan siklus II sebanyak 81,25%. Adapun peningkatan ketuntasan dari siklus I dan Siklus II sebesar  18, 75 %. Peningkatan tersebut terjadi karena dalam metode make a match memiliki karakteristik seperti kerjasama, permainan, dan penghargaan (hadiah) sehingga siswa dapat bekerja sama dalam memecahkan masalah serta tercipta suasana belajar yang menyenangkan, asyik, dan aktif.

Abstract View: 275 PDF Download: 123 Similarity Check Download: 20
Download data is not yet available.

References

Ahmad, Suriansyah., dkk. (2008). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi) Khusus untuk Penelitian Tindakan Kelas, Banjarmasin; UnIIersitas Lambung Mangkurat FKIP.

Aris Shoimin. (2014), 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Jakarta, Ar Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astika, N. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(2).

Delila M. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas ii sdn haus melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi empati dan simpati. Langsat Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 1–8.

Hairiah. (2021). Model Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Indonesia. Journal of Instructional and Development Researches, 1(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.53621/jider.v1i1.15

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441

Saenab, S., Yunus, S. R., & Virninda, A. N. (2017). PjBL untuk Pengembangan Keterampilan Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran PjBL dalam Melejitkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 45–50.

Safaruddin, Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Murtadho, N. (2020). The effect of PJBL with WBL media and cognitive style on students’ understanding and science-integrated concept application. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3). https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24628

Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The Effect of Project-Based Learning Assisted by Electronic Media on Learning Motivation and Science Process Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i1.5

Sai, M. (2017). Pengaruh model group investigation berbasis internet terhadap hasil belajar dan kemampuan digital literasi siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 39. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.9869

Salehudin, M. (2020). Project-Based Learning Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 28–40.

Sugiarti, R., & Pribadi, A. S. (2013). Analisis faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa slow learner di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang. Journal Wacana, 5(1), 1–17.

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Published
2021-10-31
How to Cite
Mursyidawati. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas 5 di MI Hidayatullah Martapura. Journal of Instructional and Development Researches, 1(2), 75-89. https://doi.org/10.53621/jider.v1i2.57
Section
Articles
Abstract viewed = 275 times
PDF downloaded = 123 times Similarity Check downloaded = 20 times