FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) TINGKAT SD/MI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGGAN KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020

Authors

  • Putri Utami Universitas Ibn Khaldun
  • Indira Chotimah Universitas Ibn Khaldun
  • Siti Khodijah Parinduri Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v4i5.5655

Abstract

Pembinaan dan pengembangan kesehatan sekolah adalah upaya pendidikan kesehatan dan dilaksanakan secara terpadu, sadar, terencana, terarah dan bertanggung jawab untuk menanamkan, tumbuh, berkembang dan membimbing hidup, dicintai dan menerapkan prinsip-prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, siswa yang akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi peserta didik. Hasil survei awal yang dilakukan ke beberapa SD/MI yang ada di wilayah kerja Puskesmas Karanggan, masih banyak sekolah yang belum melaksanakan UKS dengan baik karena terdapat banyak kendala seperti lahan untuk ruang UKS, minimnya Sumber Daya Manusia (SDM), serta tidak adaanya anggaran untuk menunjang pengadaan sarana prasaran untuk memaksimalkan pelaksanaan UKS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah dan guru UKS pada Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berada di wilayah kerja Puskesmas Karanggan dari 18 sekolah yang terdiri atas 40 orang, dengan cara total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji korelasi Chi-Square (alpha 5%). Hasil uji statistik menunjukan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan pelaksanaan UKS (Pvalue0,183), tidak ada hubungan antara sikap dengan pelaksanaan UKS (Pvalue 0,264), terdapat hubungan antara sarana prasarana dengan pelaksanaan UKS (Pvalue 0,026), dan ada hubungan antara SDM dengan pelaksanaan UKS (Pvalue 0,000). Berdasarkan penelitian ini diharapkan adanya peran aktif dari pihak sekolah, guru maupun seluruh masyarakat sekolah dalam melaksanakan UKS, serta perlunya kerjasama antara pihak terkait lebih ditingkatkan agar pelaksanaan UKS lebih maksimal.

References

Anung, S. (2017),Buku saku Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG)

Azrwar, aznul. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Tangerang. Binarupa askara publisher.

Ayuningtyas, Dumilah, Misnaniarti Misnaniarti, Siti Khodijah Parinduri, Fitria Aryani Susanti, Ni Nyoman Dwi Sutrisnawati, and Sayyidatul Munawaroh. "Local Initiatives In Preventing Coronavirus Based On Health Policy Perceptive.” Journal of Indonesian Health Policy and Administration 5, no. 2 (2020).

Ayuningtyas,D., Parinduri,S. K.dan Susanti, F. A. 2018. Integritas Kepemimpinan Antikorupsi di Sektor Kesehatan.Jurnal Integritas 4(1): 5.

Asnifatima A, Parinduri SK, Aligori A. (2020). Risiko dan Karakteristik Penderita Toksoplasmosis berdasarkan Demografi, Keberadaan Hewan Peliharaan, Hygiene dan Sanitasi. Heart, Jurnal Kesehatan Masyarakat,8(X), 41-49.

A Nasution, A Maulana, D Kurniawan. (2019). BERSAMA MEMAJUKAN DESA. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3 (2), 99-104

B. Rizki, D. Fitriana, R. Hidana, S.K. Parinduri, Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) dengan Model Human Organization Technology (HOT)-Fit di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor Tahun 2019 Pendahuluan Metode, PROMOTOR: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 3(1) (2020) 18–27.

Basri Z. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah Ditingkat Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas Pamulang Kota Tangerang Selatan.

Chotimah, I., Oktaviani, S., & Madjid, A. (2018). Evaluasi Program Tb Paru Di Puskesmas Belong Kota Bogor Tahun 2018. PROMOTOR, 1(2), 87-95.

Chotimah, I., Anggraini, D. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan Dan Lingkungan. ABDIDOS 2 (1), 62-72.

Chotimah, I. (2017). Gambaran Perilaku Merokok Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor 2013. HEARTY 5 (1).

Dandung Trihastoto (2015) Survei Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar Se- Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Tugas Akhir S1, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan , Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negri Semarang.

Dwi Sulistyawati (2015) Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Sekolah SeGugus Sekolah Sidayu Kecamatan Leksono. Tugas Akhir S1, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Ilmu Keolahragaan, Universitas Negri Negri Yogyakarta.

Dasar Di Kota Yogyakarta. Tugas Akhir S1, Jurusan Ilmu Kesehatan , Fakultas Ilmu Kesehatan Masyaraat, Universitas Islam Indonesia.

Effendi, Ferry. Keperawatan Kesehatan Komunitas : Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika, 2009.

Fitrianingtyas, Pertiwi, dan Rachmania, W. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil di Puskesmas Warung Jambu Kota Bogor. HEARTY Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018;6(2):1-8.

Gibson, R. (2005). Principles Of Nutrional Assessment Second Edition. New York: Oxford University Press.

Green, Lawrence, W and Kreauter, Marshall, W. (2005). Health Program Planning An Education And Ecological Approach.

Haryati Annita et all. Gambaran Standar Pelayanan Minimalpenjaringan Kesehatan Pada Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Cipaku Kota Bogor. Vol. 2 No. 4. Agustus 2019.

Hidayat, A. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Penerbit Salemba Medika : Jakarta, 2007

Hidayat, A.A (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Surabaya : Health Books Publishing

Khasanah U. (2015). Hubungan Pengethuan Siswa Dan Prilaku Hidup Bersih Sehat Di Lingkungan Sekolah Dengan Partisipasi Siswa Dalam Tecapainya Program Kegiatan UKS. Tugas Akhir S1, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan , Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negri Semarang.

Ma'Arifat (2010) Analisis Hubungan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Dengan Status Gizi Anak Batita Elaksanaan Pelayanan Kesehatan Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Sekolah Se-Gugus Sekolah Sidayu Kecamatan Leksono. Pasca Sarjana. Jurusan Gizi Masyarakat. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan seni. Jakarta : Rineka Cipta, 2007.

Notoatmodjo, Soekidjo. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Nurhalimah Harahap (2019) Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Tingkat Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas Batunadua. Tugas Akhir S1, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat , Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institute Kesehatan Helvetia Medan.

P. S. Akbar, S. K. Parinduri, and R. Hidana, "Gambaran Pelaksanaan Surveilans Epidemiologi Di Rumah Sakit Umum Daerah Leuwiliang Kabupaten Bogor Tahun 2018,” PROMOTOR, vol. 2, no. 5, pp. 410–421, 2019.

Pertiwi, F. D., Hariansyah, M., & Prasetya, E. P. (2019). FAKTOR RISIKO STUNTING PADA BALITA DIKELURAHAN MULYAHARJA TAHUN 2019. PROMOTOR, 2(5). https://doi.org/10.32832/pro.v2i5.2531

Pertiwi, F. D., Rahman, R. M., & Lestari, D. W. (2018). Pemberdayaan masyarakat melalui bidang literasi di Desawaru Jaya. Jurnal ABDI DOSEN: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 129-137. https://doi.org/10.32832/abdidos.v2i2.170

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA, 2007.

Sulistyaningsih (2011). Metodelogi Penelitian Kebidanan, Kuantitatif & Kualitatif Dan R&D. Edisi Pertama,Yogyakarta: Graha Ilmu..

Sunaryo, Psikologi Untuk Keperawatan.

Jakarta : EGC, 2005 Supriadi.Hubungan Pengetahuan dan Sikap Kepala Sekolah, Guru UKS dan Pengelola Kantin dengan Kondisi Sanitasi Kantin Di Sekolah Dasar Di Kota Jambi. Tesis. Universitas Gadjah Mada, 2009

Supartini, Yupi. Buku Ajar Konsep Keperawatan Anak. Jakarta : EGC, 2004

Widya Nailaufar Lubis (2016) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Tingkat Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas Pamlang. Tugas Akhir S1, Jurusan Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Negri Islam Negri Jakarta.

Wong, D. L. dkk. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong. Jakarta : EGC, 2008.

Downloads

Published

2021-10-22

Issue

Section

Artikel