DETERMINAN DAN KONSEKUENSI KOMITMEN ORGANISASI

Authors

  • Titiek Herwanti Universitas Mataram
  • A Animah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jaa.v1i2.7

Keywords:

Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Sistem Reward, Knowledge Management, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahterciptanya budaya manajemen syariah, sosok pemimpin yang memiliki keahlian manajerial, dan adanya sistem reward untuk memotivasi karyawan, agar tercipta komitmen organisasi sehingga berimplikasi terhadap peningkatkan kinerja karyawan yang pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawandi KSPPS (Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah) di pulau Lombok (49 KSPPS) dengan metode judgment sampling.Variabel penelitian budaya manajemen syariah, gaya kepemimpinan, system reward, komitmen organisasi, dan kinerja karyawan. Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least Square Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable budaya manajemen syariah, gaya kepemimpinan, dan sistem reward berpengaruh terhadap komitmen organisasi dan kinerja karyawan. Variabel komitmen organisasi terbukti sebagai variabel intervening dari budaya manajemen syariah ke kinerja karyawan, tetapi tidak untuk gaya kepemimpinan dan sistem reward ke kinerja karyawan.Implikasi dari penelitian ini adalah manajemen pengelolaan di KSPPS sebaiknya di dalam memberikan pelayanan mempunyai nilai-nilai yang berbasis budaya manajemen syariah karena terbuktimemberikan pengaruh yang cukup besar agar karyawan berkomitmen terhadap pekerjaan sehingga menghasilkan kinerja karyawan yang diharapkan berdampakterhadap peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

References

Abdullah,M.Ma’ruf, 2012. Manajemen Berbasis Syariah. Aswaja Presindo. Yogyakarta
Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior (2nd ed.). Berkshire: Open University Press.
Arifin, Noor. 2010.Analisis Budaya Organisasional Terhadap Komitmen Kerja Karyawan Dalam Peningkatan Kinerja Organisasional Karyawan Pada Koperasi Bmt di Kecamatan Jepara. Jurnal Ekonomi & Pendidikan,Volume 8 Nomor 2, November.
Collison, C and Parcell, G 2001, Learning to Fly, Capstone, UK.
Ghozali, Imam., Hengky Latan. 2012. Partial Least Square, Konsep, Teknik dan Aplikasi SMARTPLS 2.0 M3 Untuk Penelitian Bisnis. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.
Gibson James. L, Ivancevich John M dan Donnely James H, Jr. 1996. Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses. Terjemahan. Jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.
Fleishman, A dan Peters, D.R. 1962. Leadership Attitudes and Managerial “Success”, Personel Psychology. 127-143.
Ikhsan,Arfan.Ishak,Muhammad.2005.Akuntansi Keperilakuan.Salemba Empat. Jakarta
Ivancevich, Konopaske Dan Matteson. 2006. Perilaku Manajemen Dan Organisasi. alih bahasa Gina Gania. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan,Dedi. Lubis.A Rahman, Adam Muhammad.Pengaruh Budaya Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Internasional Federation Red Cross (Ifrc) Banda Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syah Kuala.Volume 1, No. 1, Agustus .
Kreitner dan Kinichi. 2005. Organization Behavior. Irwin. McGraw-Hill, Boston.
Luthans, Fred, 2006, “Perilaku Organisasi”, Edisi Sepuluh, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Mardiyah, Aida Ainul & Listianingsih. 2005. “Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Reward, dan Profit Center Terhadap Hubungan Antara Total Quality Management dengan Kinerja Manajerial”. Seminar Nasional Akuntansi VIII. Hal 565-583.
Mas’ud, Fuad. 2004. Survai Diagnosis Organisasional Konsep & Aplikasi.Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Mowday, R., & Steers, RM.(1979). The Measurement Organizational Commitment. Journal of Vacational Behavior, Vol 14. pp. 224-247 Mulyadi, 2007. Sistem Perencanaan dan Pegendalian Manajemen. Salemba Empat. Jakarta
Nurjanah, 2008. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan.Tesis Magister Manajemen Universitas Diponegoro
Robbins, P. Stephen, 1996. Perilaku Organisasi. Jilid 2 Edisi Bahasa Indonesia. PT Buana Ilmu Populer. Jakarta
Ruvendi Ramlan. 2005. Imbalan dan Gaya Kepemimpinan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Balai Besar Industri Hasil Pertanian Bogor. Jurnal.
Setyorini, Christina Tri. Maghfiroh, Siti.Farida, Yusriati Nur.2012. Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Media Riset Akuntansi.
Suprantiningrum & Zulaikha. 2003. “Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (Reward) Sebagai Variabel Moderating”. Seminar Nasional Akuntansi VI. Hal. 775-790.
Susilo.2013. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan IKIP PGRI Semarang
Wibowo, 2013.Manajemen Kinerja. Raja Grafindo Persada Jakarta
Wirawan,2013.Kepemimpinan : Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Raja Grafindo Persada Jakarta
Yousef, A. Davish. 2000. Organizational Commitment: A Mediator of The Relationships of Leadership Behavior With Job Satisfaction and Performance in A Non-Western Country. Journal of Management Psychology, (15) : 6-28

Downloads

Published

2018-05-07

How to Cite

Herwanti, T., & Animah, A. (2018). DETERMINAN DAN KONSEKUENSI KOMITMEN ORGANISASI. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 1(2), 116. https://doi.org/10.29303/jaa.v1i2.7