Keanekaragaman dan Kemerataan Jenis Collembola Gua di Kawasan Karst Malang Selatan

Authors

  • widya pertiwi Program Studi Biologi, Fakultas Sains & Teknologi, UIN Sunan Ampel
  • Saiful Bahri Program Studi Biologi, Fakultas Sains & Teknologi, UIN Sunan Ampel
  • Saiku Rokhim Program Studi Biologi, Fakultas Sains & Teknologi, UIN Sunan Ampel
  • Nirmala Fitria Firdhausi Program Studi Biologi, Fakultas Sains & Teknologi, UIN Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.29080/biotropic.2020.4.2.134-139

Keywords:

keanekaragaman, Collembola, Karst

Abstract

Karst adalah bentang alam yang unik yang terbentuk akibat dari pelarutan batuan karbonat atau batuan gamping oleh air hujan. Di dalam kawasan karst terbentuk beberapa gua yang menjadi ci khas dari kawasan karst yang terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Collembola gua yang berada di Kawasan Karst Malang Selatan. Sampel yang diambil adalah berasal dari tanah yang berada di lantai gua dengan menggunakan teknik Purposiv Sampling. Penelitian dilakukan pada empat gua yaitu Gua Harta, Gua Krompyang, Gua Prapatan JLS, dan Gua Lowo. Setiap pengambilan sampel dilakukan tiga kali pengulangan pada setiap zona, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Hasil analisis data menghasilkan nilai Indeks Keanekaragaman H’=0,46121 dan Indeks Kemerataan E=0,28656.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Douglas Zeppelini, Gabriel Costa Queiroz , Eduardo Assis Abrantes, Bruno Cavalcante Bellini, Elvio Sergio Figueredo Medeiros, Elisiana Pereira Oliveira, Tatiana Cristina Silveira, Ana Carolina Rocha Neves, Aila Ferreira Soares, Nerivania Nunes Godeiro, Fabio Gonçalves de Lima Oliveira, Isabel Medeiros Santos-Rocha, Liugo Fernando Meneses and Maria Cleide Mendonça. 2013. Diversity of Collembola (Arthropoda: Hexapoda) across different types of vegetation in Brazil. International Journal of Biodiversity and Conservation Vol. 5(3).

Hasyim, Muhammad Asmuni. 2009. Studi Keanekaragaman Fauna Tanah Pada perkebunan Jeruk Organik dan Anorganik Di Kota Batu. Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Husamah, F. Rohman, dan H. Sutomo. 2016. Struktur Komunitas Collembola pada Tiga Tipe Habitat Sepanjang Daerah Aliran Sungai Brantas Hulu Kota Batu. Jurnal Bioedukasi. Volume 9 Nomor 1.

Labib, Mochammad Ainul dan Agung Suprianto. 2019. Estimasi Penentuan Tingkatan dan Pola Lorong Gua Banyu Dan Sekitarnya Dengan Menggunakan GIS. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi. Volume 4 Nomor 1.

Mas’ud, Abdu dan Sundari.2015. Kajian Struktur Komunitas Epifauna Tanah Di Kawasan Hutan Konservasi Gunung Sibela Halmahera Selatan Maluku utara. Universitas Khairun Ternate, Maluku.

Nunilahwati, Haperidah. 2018. Dampak pemberian Pupuk Kandang Ayam terhadap Keragaman Arthropoda Tajuk Tanaman Caisin (Brassica juncea L.). Jurnal Klorofil Volume 13 Nomor 1.

Shofiana, Anggun. 2016. Identifikasi Gua Bawah Tanah Pada Struktur Gamping Berdasarkan Interprestasi Data Ground Penetrating Radar (GPR). Skripsi. Fakultas Sains Dan teknologi, Universitas islam Negeri maulana malik Ibrahim, malang.

Suhardjono, Y.R., Louis D., dan A. Bedos. 2012. Collembola (ekor pegas). PT Vega Briantama Vandanesia (VEGAMEDIA), Bogor.

Suin, N. M.. 2012. Ekologi Hewan Tanah. Bumi Aksara. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Susanti, neylia Eka dan ika Meviana. 2019. Nilai Laju Pelarutan batu Gamping Pada Mata Air Sumber Agung Di Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Jurnal pendidikan Dan Ilmu Geografi. Volume 4 Nomor 1

Downloads

Published

2020-08-24

How to Cite

pertiwi, widya, Bahri, S., Rokhim, S. and Fitria Firdhausi, N. (2020) “Keanekaragaman dan Kemerataan Jenis Collembola Gua di Kawasan Karst Malang Selatan”, Biotropic : The Journal of Tropical Biology, 4(2), pp. 134–139. doi: 10.29080/biotropic.2020.4.2.134-139.