PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SMART GAME DAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Authors

  • MAHFIAH MAHFIAH SDN 011 Balikpapan Timur

DOI:

https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.64

Keywords:

Metode Smart Game, Kooperatif Tipe Make a Match

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Dalam proses pembelajaran pada materi nama-nama malaikat dan tugas-tugas malaikat siswa kelas IV SDN 011 Balikpapan Timur mengalami kesulitan dalam menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah SWT. Siswa masih lemahdalam pemahaman konsep nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah, hal ini yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah di lihat dari hasil ulangan harian siswa. Dalam pembelajaran siswa masih malu bertanya dan mengeluarkan pendapat sehingga keaktifan siswa belum nampak. Hal itu dikarenakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih berpusat pada guru. Interaksi dan komunikasi antara siswa dengan siswa lainnya maupun dengan guru belum terjalin selama proses pembelajaran karena diskusi kelompok jarang dilakukan. Dalam proses pembelajaran seharusnya siswa aktif agar proses belajar menjadi bermakna. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rencanatindakan, implemenasitindakan, observasi dan refleksi. Dari analisis data didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan darisiklus I sampai siklus III yaitu siklus I (78%), siklus II (91,03%), dan siklus III (95,86%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode smart game  dan pembelajaran kooperatif tipe make a match  dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah SWT sehingga dapat menjadi salah satu alternatif  yang dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Holil, Model PembelajaranKooperatif, www.anwarholil.blogspot.com, didownload pada 26 Januari 2009

Ariany Syurfah, 2007, Multipple Intelligences for Islamic Teaching, Bandung :Syamil Publishing

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP

Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Sandar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : bp Pustaka Candra.

Maulia D. Kembara, Panduan Lengkap Home Schooling, Bandung: Proggressio, 2007, h. 18

Slavin, Robert E, Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik, Terj : Nurulita, Bandung: Nusa media, 2008, Cet. III

Suharsimi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta: Bumi Aksara, Cet. VI

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

MAHFIAH, M. (2021). PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SMART GAME DAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran , 1(1), 111-116. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.64

Issue

Section

Articles