PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SMART GAME DAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH
DOI:
https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.64Keywords:
Metode Smart Game, Kooperatif Tipe Make a MatchAbstract
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Dalam proses pembelajaran pada materi nama-nama malaikat dan tugas-tugas malaikat siswa kelas IV SDN 011 Balikpapan Timur mengalami kesulitan dalam menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah SWT. Siswa masih lemahdalam pemahaman konsep nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah, hal ini yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah di lihat dari hasil ulangan harian siswa. Dalam pembelajaran siswa masih malu bertanya dan mengeluarkan pendapat sehingga keaktifan siswa belum nampak. Hal itu dikarenakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih berpusat pada guru. Interaksi dan komunikasi antara siswa dengan siswa lainnya maupun dengan guru belum terjalin selama proses pembelajaran karena diskusi kelompok jarang dilakukan. Dalam proses pembelajaran seharusnya siswa aktif agar proses belajar menjadi bermakna. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rencanatindakan, implemenasitindakan, observasi dan refleksi. Dari analisis data didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan darisiklus I sampai siklus III yaitu siklus I (78%), siklus II (91,03%), dan siklus III (95,86%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah SWT sehingga dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Downloads
References
Anwar Holil, Model PembelajaranKooperatif, www.anwarholil.blogspot.com, didownload pada 26 Januari 2009
Ariany Syurfah, 2007, Multipple Intelligences for Islamic Teaching, Bandung :Syamil Publishing
Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP
Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Sandar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : bp Pustaka Candra.
Maulia D. Kembara, Panduan Lengkap Home Schooling, Bandung: Proggressio, 2007, h. 18
Slavin, Robert E, Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik, Terj : Nurulita, Bandung: Nusa media, 2008, Cet. III
Suharsimi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta: Bumi Aksara, Cet. VI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran (JIPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.