METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN (BTQ) SECARA BAIK DAN BENAR SESUAI DENGAN KAIDAH ILMU TAJWID DI MTs. NEGERI 2 SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.67Keywords:
pembelajaran Baca Tulis Al Quran, metode tutor sebayaAbstract
Metode pembelajaran tutor sebaya merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara memilih siswa yang memiliki kemampuan lebih dari yang lainnya untuk membimbing teman-teman yang memiliki kemampuan di bawahnya. Metode pembelajaran tutor sebaya digunakan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur?an di MTs Negeri 2 Sragen yang sudah berjalan dua tahun. Di antara tujuan diadakannya pembelajaran Baca Tulis Al-Qur?an dengan metode pembelajaran tutor sebaya adalah agar setiap siswa dipastikan mampu membaca maupun menulis ayat-ayat Al-Qur?an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur?an di MTs 2 Sragen meliputi pra pelaksanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hasil pembelajaran mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur?an dengan metode pembelajaran tutor sebaya. Dalam pelaksanaanya tutor sebaya menggunakan media pembelajaran berupa buku jilid Yanbu?a, Al-Qur?an juz 30, buku prestasi siswa, serta buku tulis siswa yang dapat menunjang keberhasilan siswa dalam belajar membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur?an. Di samping itu adanya tahap evaluasi yang dilakukan oleh tutor sebaya, guru pengampu Baca Tulis Al-Qur?an, dan guru kenaikan jilid dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur?an menjadi bahan penilaian untuk dapat memantau perkembangan siswa dalam membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur?an. Dari evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran Baca Tulis Al-Qur?an dengan metode pembelajaran tutor sebaya mampu membantu siswa dalam belajar membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur?an dan dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur?an di MTs 2 Sragen berjalan dengan baik.
Downloads
References
Anshori. 2013.Ulumul Quran. Jakarta: Rajawali Press.
Chatib, Munif. 2010. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelgences di Indonesia. Bandung: Kaifa
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Danasasmita, Wawan. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Jepang. Bandung: Rizki Press.
Dio FerdanPratama. Peran Tutor Dalam Memotivasi Belajar Klien Reguler Di Upt Rehabilitasi Sosial Anak Nakal Surabaya. Jurnal UNESA. Vol. 5 No. 2.2016
Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
M. Quraish Shihab. 1996.Wawasan Al-qur’an.Bandung: Mizan.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional: PT Kloang Putra Timur.
Remiswal. 2013. Format Pengembangan PAIKEM dalam Pembelajaran Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Salim, Moh. Haltami. 2012. Studi Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Islam. Yogya karta: Graha Ilmu.
Suma, Muhammad Amin. 2014. Ulumul Qur’an. Jakarta. Suyadi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta.
Sya’rawi, Syaikh Mutawalli. Gerbang Memahami Al-Qur’an. Tanggerang: Jawa Barat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran (JIPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.