PENINGKATAN KREATIVITAS MEMBUAT KARYA MUSIK MELALUI PERMAINAN CIPTA LAGU PADA SISWA

Authors

  • PRATIN MURTI SUTOMO SMA Negeri 3 Pemalang, Jawa tengah

DOI:

https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.164

Keywords:

kreativitas, karya musik, permainan cipta lagu

Abstract

Tujuan mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik adalah mengembangkan aspek kreasi dan apresiasi seni. Dalam aspek kreasi banyak kendala yang dihadapi karena berkreasi atau menciptakan komposisi yang baru dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai dasar-dasar seni musik. Metode Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas di kelas XI IPS 1 SMAN 3 Pemalang dengan menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kreativitas siswa dalam membuat karya musik melalui penerapan metode permainan cipta lagu dilihat dari nilai rata-rata pada kegiatan prasiklus sebesar 64,84 yang termasuk dalam kategori baik. Aktivitas siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-ratanya sebesar 68,55, meningkat pada siklus II menjadi 75,39. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) metode permainan cipta lagu dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPS 1 dalam membuat karya musik, (2) metode permainan cipta lagu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 dalam pembelajaran membuat karya musik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edgar Dale, 2018.Penggunaan Media Berdasarkan Teori Belajar.

http://repositori.uin.alauddin.ac.id

Hamalik,oemar,2007. Managemen Pengembangan Kurikulum,Bandung :PT.Remaja Rosda Karya.

Mack,Dieter, Komposisi Di Sekolah Sebagai Jalur Keluar Dari Dilema Pendidikan Musik, Semarang,Pasca Sarjana UNNES

Martopo,2006 pengembangan kreativitas dan apresiasi karya budaya. Jakarta

Masunah,Juju,2002. “Pendidikan Seni”. Semiloka Pendidikan Seni. Semarang: Pasca Sarjana UNNES

Paul B.Diedrich,Sadiman,2010 Menggolongkan Aktivitas Siswa :http://media.neliti.com

Sardiman, 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar,Jakarta : Raja.Grafindo Persada

Saini KM dalam Martopo, 2006. “Paradigma Baru Pendidikan Seni”, Jurnal Harmonia Volume VII. Semarang: FPBS UNNES

Setiawati,Rahmida.2006. Kompetensi Sebagai Basis Pendidikan Seni, Jurnal Harmonia Volume VII. Semarang : FBS UNNES

Sudjatmiko, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas

Sukarman, Herry, 2003. Dasar-dasar Dikdaktik di Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Kependidikan

Yudrik,2003. Inovasi Program Bakat Peserta Didik

http://etheses.iainponorogo.ac.id

Downloads

Published

2021-07-02

How to Cite

SUTOMO, P. M. . (2021). PENINGKATAN KREATIVITAS MEMBUAT KARYA MUSIK MELALUI PERMAINAN CIPTA LAGU PADA SISWA . EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran , 1(2), 8-13. https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.164

Issue

Section

Articles