PENINGKATAN KREATIVITAS MEMBUAT KARYA MUSIK MELALUI PERMAINAN CIPTA LAGU PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.164Keywords:
kreativitas, karya musik, permainan cipta laguAbstract
Tujuan mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik adalah mengembangkan aspek kreasi dan apresiasi seni. Dalam aspek kreasi banyak kendala yang dihadapi karena berkreasi atau menciptakan komposisi yang baru dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai dasar-dasar seni musik. Metode Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas di kelas XI IPS 1 SMAN 3 Pemalang dengan menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kreativitas siswa dalam membuat karya musik melalui penerapan metode permainan cipta lagu dilihat dari nilai rata-rata pada kegiatan prasiklus sebesar 64,84 yang termasuk dalam kategori baik. Aktivitas siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-ratanya sebesar 68,55, meningkat pada siklus II menjadi 75,39. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) metode permainan cipta lagu dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPS 1 dalam membuat karya musik, (2) metode permainan cipta lagu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 dalam pembelajaran membuat karya musik.
Downloads
References
Edgar Dale, 2018.Penggunaan Media Berdasarkan Teori Belajar.
http://repositori.uin.alauddin.ac.id
Hamalik,oemar,2007. Managemen Pengembangan Kurikulum,Bandung :PT.Remaja Rosda Karya.
Mack,Dieter, Komposisi Di Sekolah Sebagai Jalur Keluar Dari Dilema Pendidikan Musik, Semarang,Pasca Sarjana UNNES
Martopo,2006 pengembangan kreativitas dan apresiasi karya budaya. Jakarta
Masunah,Juju,2002. “Pendidikan Seni”. Semiloka Pendidikan Seni. Semarang: Pasca Sarjana UNNES
Paul B.Diedrich,Sadiman,2010 Menggolongkan Aktivitas Siswa :http://media.neliti.com
Sardiman, 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar,Jakarta : Raja.Grafindo Persada
Saini KM dalam Martopo, 2006. “Paradigma Baru Pendidikan Seni”, Jurnal Harmonia Volume VII. Semarang: FPBS UNNES
Setiawati,Rahmida.2006. Kompetensi Sebagai Basis Pendidikan Seni, Jurnal Harmonia Volume VII. Semarang : FBS UNNES
Sudjatmiko, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas
Sukarman, Herry, 2003. Dasar-dasar Dikdaktik di Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Kependidikan
Yudrik,2003. Inovasi Program Bakat Peserta Didik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.