MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS MELALUI AKTIVITAS BERBASIS TUGAS (ABT)
DOI:
https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.187Keywords:
Kemampuan Menyimak, Aktivitas Berbasis Tugas (ABT)Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki dua tujuan, yaitu meningkatkan kemampuan menyimak melalui Aktivitas Berbasis Tugas (ABT) dan bersikap positif terhadap pembelajarannya. Partisipan siswa kelas 7F SMP Negeri 1 Pakisaji semester satu tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, tes dan angket. Ukuran keberhasilan penelitian ini menggunakan nilai tes menyimak yaitu bila 65% siswa mencapai nilai minimal 64 kualitas C dan persepsi siswa dianggap positif bila nilai rata-rata pada angket lebih tinggi dari 42,5. Hasil penelitian pada siklus 2 menunjukkan nilai posttes menyimak siswa mencapai rata-rata pada 77,69 dan data angket persepsi siswa menunjukkan positif 53,46. Jadi dapat dikesimpulkan penerapan Aktivitas Berbasis Tugas dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa secara signifikan dan saran bagi siswa agar lebih banyak berlatih, bagi guru gunakan sekreatif mungkin, dan bagi peneliti lain dicoba diimplementasikan pada keterampilan lain.
Downloads
References
Arnoi,K.H, et. al. 2017. Teaching Listening through Task Based Language Teaching in Descriptive Text at the first Grade of SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Diakses 5 Oktober 2018
Asemota, H.E. 2015. Nature, Importance and Practice of Listening Skill. United Kingdom: European Centre for Research Training and Development UK 3(7), pp. 27-33
Brown, H.D. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practice. New York: Longman
Brown, H.D.and Lee, H. 2015. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, Fourth Edition. New York: Pearson Education
Djiwandono, P. I. 2009. Strategi Belajar Bahasa Inggris.J akarta. Indeks
Dokumen 1. SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang Tahun 2018/2019. Kriteria Penilaian.
Ellis, R. 2003. Task Based Language Learning and Teaching. Oxford, UK: Oxford University Press
Hamilton, M. and Weiss, M. 2005. The Power of storytelling in the classroom. New York: Richard C. Owen Publisher, Inc
Horváthová, Božena. 2013. Phases of the Listening Comprehension English Language
Essay. Diakses 5 Oktober 2018. https://www.uniassignment.com/essay-samples/english-language/phases-of-the-listening-comprehension-english-language-essay.php
Kementrian Pendidikan dan Budaya. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS). Diakses 7 Oktober 2018. https://urip.files.wordpress.com/2016/02/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-smp-rev9feb.pdf
Kuswoyo, H and Wahyudin, A. Y., 2017. Improving Students’ Listening Skill Using Task Based Approach in EFL Classroom Setting. Diakses 5 Oktober 5 2018
McNiff, J., and Whitehead, J. (2002). Action Research: Principles and Practice (2nd Ed.). London: Routledge Falmer
Mettetal, G. 2001. The What, Why and How of Classroom Action Research, p. 1-8. Diakses 15 Jul1 2018. https://www.researchgate.net/publication/242179106
Rahmah, A. D. 2016. The Use of Task Based Language Learning to Improve Students’ Listening Skill in the Nine Grade of SMPN 8 Yogyakarta in the Academic Year of 2016/2017. Diakses 5 Oktober 2018
Rusmajadi, J. 2010. Trampil Berbahasa Inggris. Jakarta. Indeks
Sar?çoban, A. and Karakurt, L. 2016. The Use of Task Based Activities to Improve Listening and Speaking Skills in EFL Context. diakses 5 Oktober 2018.
Sharma, Neena.2011. Strategies for Developing Listening Skills. Online. diakses
Oktober 2018 from http://eltvoices.in/Volume1/Issue6/EVI16.2.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.