MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS MELALUI AKTIVITAS BERBASIS TUGAS (ABT)

Authors

  • RAHAYU ENGGARWANI SMP Negeri 1 Pakisaji

DOI:

https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.187

Keywords:

Kemampuan Menyimak, Aktivitas Berbasis Tugas (ABT)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki dua tujuan, yaitu meningkatkan kemampuan menyimak melalui Aktivitas Berbasis Tugas (ABT) dan bersikap positif terhadap pembelajarannya. Partisipan siswa kelas 7F SMP Negeri 1 Pakisaji semester satu tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, tes dan angket. Ukuran keberhasilan penelitian ini menggunakan nilai tes menyimak yaitu bila 65% siswa mencapai nilai minimal 64 kualitas C  dan persepsi siswa dianggap positif bila nilai rata-rata pada angket lebih tinggi dari 42,5. Hasil penelitian pada siklus 2 menunjukkan nilai posttes menyimak siswa mencapai rata-rata pada 77,69 dan data angket persepsi siswa menunjukkan positif 53,46. Jadi dapat dikesimpulkan penerapan Aktivitas Berbasis Tugas dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa secara signifikan dan saran bagi siswa agar lebih banyak berlatih, bagi guru gunakan sekreatif mungkin, dan bagi peneliti lain dicoba diimplementasikan pada keterampilan lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnoi,K.H, et. al. 2017. Teaching Listening through Task Based Language Teaching in Descriptive Text at the first Grade of SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Diakses 5 Oktober 2018

Asemota, H.E. 2015. Nature, Importance and Practice of Listening Skill. United Kingdom: European Centre for Research Training and Development UK 3(7), pp. 27-33

Brown, H.D. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practice. New York: Longman

Brown, H.D.and Lee, H. 2015. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, Fourth Edition. New York: Pearson Education

Djiwandono, P. I. 2009. Strategi Belajar Bahasa Inggris.J akarta. Indeks

Dokumen 1. SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang Tahun 2018/2019. Kriteria Penilaian.

Ellis, R. 2003. Task Based Language Learning and Teaching. Oxford, UK: Oxford University Press

Hamilton, M. and Weiss, M. 2005. The Power of storytelling in the classroom. New York: Richard C. Owen Publisher, Inc

Horváthová, Božena. 2013. Phases of the Listening Comprehension English Language

Essay. Diakses 5 Oktober 2018. https://www.uniassignment.com/essay-samples/english-language/phases-of-the-listening-comprehension-english-language-essay.php

Kementrian Pendidikan dan Budaya. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS). Diakses 7 Oktober 2018. https://urip.files.wordpress.com/2016/02/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-smp-rev9feb.pdf

Kuswoyo, H and Wahyudin, A. Y., 2017. Improving Students’ Listening Skill Using Task Based Approach in EFL Classroom Setting. Diakses 5 Oktober 5 2018

McNiff, J., and Whitehead, J. (2002). Action Research: Principles and Practice (2nd Ed.). London: Routledge Falmer

Mettetal, G. 2001. The What, Why and How of Classroom Action Research, p. 1-8. Diakses 15 Jul1 2018. https://www.researchgate.net/publication/242179106

Rahmah, A. D. 2016. The Use of Task Based Language Learning to Improve Students’ Listening Skill in the Nine Grade of SMPN 8 Yogyakarta in the Academic Year of 2016/2017. Diakses 5 Oktober 2018

Rusmajadi, J. 2010. Trampil Berbahasa Inggris. Jakarta. Indeks

Sar?çoban, A. and Karakurt, L. 2016. The Use of Task Based Activities to Improve Listening and Speaking Skills in EFL Context. diakses 5 Oktober 2018.

Sharma, Neena.2011. Strategies for Developing Listening Skills. Online. diakses

Oktober 2018 from http://eltvoices.in/Volume1/Issue6/EVI16.2.pdf

Downloads

Published

2021-07-02

How to Cite

ENGGARWANI, R. . (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS MELALUI AKTIVITAS BERBASIS TUGAS (ABT). EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran , 1(2), 79-91. https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.187

Issue

Section

Articles