PENDEKATAN TEBAR PESONA TIM OLIMPIADE SAINS DI SMAN TITIAN TERAS HAS

Authors

  • BURHANI BURHANI SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, Provinsi Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51878/educational.v1i3.369

Keywords:

Olimpiade Sains, Tebar Pesona, Astronomi dan Kebumian

Abstract

Komunitas siswa berprestasi yang tergabung dalam unit ekstrakurikuler Olimpiade Sains Nasional (OSN) di sekolah, memiliki banyak keunikan. Karakteristik mereka yang beragam, membuat sang pembina harus memiliki banyak keterampilan dan keahlian dalam melakukan pendekatan. Setelah berkecimpung sangat lama, yang dimulai sejak tahun 2004, berbagai formulasi dilakukan, sampai akhirnya dirumuskan menjadi sebuah pola terstruktur. Pendekatan yang diberikan kepada mereka, tidak bisa diseragamkan seperti peran seorang guru dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Fenomena ini terus diamati sebagai pembina dan pelatih. Kesalahan kecil yang dilakukan, baik oleh pembina maupun siswa, akan turut andil dalam kegagalan pencapaian tujuan pembinaan. Akhirnya ditemukan sebuah pola pembinaan dan pendekatan kepaa siswa yang tergabung dalam unit Olimpiade Sains Nasional (OSN) di sekolah. Pendekatan tersebut dikenal dengan Tebar Pesona (Teman Baik, Sabar, Perhatian, Serius, Objektif, Normatif dan Apresiatif). Pendekatan yang dilakukan kepada siswa bidang Astronomi dan Kebumian, telah berhasil mengirimkan siswa ke tingkat nasional, serta menjadi sebuah fenomena menarik, karena berhasil secara terus menerus ke tingkat nasional sejak tahun 2008 sampai tahun 2020 padang bidang Astronomi, serta tahun 2011 sampai tahun 2020 pada bidang Kebumian, dengan jumlah 19 orang bidang Astronomi. Sedangkan  dan 11 orang bidang kebumian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduang Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta. DIVA Press.

Burhani. (2017). Menuju Tangga Sukses. Surabaya : Pustaka Media Guru

Burhani. (2019). Membumikan Astronomi di Titian Teras. Surabaya. Pustaka Media Guru

Lickona, Thomas. (2013). Educating for Character, Mendidik Untuk Membentuk Karakter. terjemahan Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharlan. (2014). Medali Untuk Bangsa. Jakarta. Kompas.

Permendikbud 2014 Ni. 62, Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Software KBBI Offline 1.5.1

Kurniawati, Maris (2011). Kajian Motivasi Belajar Mandiri Siswa Melalui Pembinaan dan Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kimia pada Siswa SMA. From https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/388/159

Marisda, Dewi Hikmah., Riskawati (2020). Peningkatan Kompetensi Guru IPA Sekolah Dasar Melalui Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN). From http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/viewFile/1375/

Muliani, Fitra., Dewi Noviati., Fajriani. (2018). Pembinaan Peningkatan Mutu Pendidikan Bidang Olimpiade Sains Bagi Guru Sd Kota Langsa Provinsi Aceh. From

http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/viewFile/2586/1573

Rachmawati, Dewi Oktofa. (2014). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Fisika SMP di Kecamatan Mengwi. From https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/download/10487/6698

Downloads

Published

2021-08-05

How to Cite

BURHANI, B. (2021). PENDEKATAN TEBAR PESONA TIM OLIMPIADE SAINS DI SMAN TITIAN TERAS HAS . EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran , 1(3), 107-113. https://doi.org/10.51878/educational.v1i3.369

Issue

Section

Articles