PENDEKATAN TEBAR PESONA TIM OLIMPIADE SAINS DI SMAN TITIAN TERAS HAS
DOI:
https://doi.org/10.51878/educational.v1i3.369Keywords:
Olimpiade Sains, Tebar Pesona, Astronomi dan KebumianAbstract
Komunitas siswa berprestasi yang tergabung dalam unit ekstrakurikuler Olimpiade Sains Nasional (OSN) di sekolah, memiliki banyak keunikan. Karakteristik mereka yang beragam, membuat sang pembina harus memiliki banyak keterampilan dan keahlian dalam melakukan pendekatan. Setelah berkecimpung sangat lama, yang dimulai sejak tahun 2004, berbagai formulasi dilakukan, sampai akhirnya dirumuskan menjadi sebuah pola terstruktur. Pendekatan yang diberikan kepada mereka, tidak bisa diseragamkan seperti peran seorang guru dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Fenomena ini terus diamati sebagai pembina dan pelatih. Kesalahan kecil yang dilakukan, baik oleh pembina maupun siswa, akan turut andil dalam kegagalan pencapaian tujuan pembinaan. Akhirnya ditemukan sebuah pola pembinaan dan pendekatan kepaa siswa yang tergabung dalam unit Olimpiade Sains Nasional (OSN) di sekolah. Pendekatan tersebut dikenal dengan Tebar Pesona (Teman Baik, Sabar, Perhatian, Serius, Objektif, Normatif dan Apresiatif). Pendekatan yang dilakukan kepada siswa bidang Astronomi dan Kebumian, telah berhasil mengirimkan siswa ke tingkat nasional, serta menjadi sebuah fenomena menarik, karena berhasil secara terus menerus ke tingkat nasional sejak tahun 2008 sampai tahun 2020 padang bidang Astronomi, serta tahun 2011 sampai tahun 2020 pada bidang Kebumian, dengan jumlah 19 orang bidang Astronomi. Sedangkan dan 11 orang bidang kebumian.
Downloads
References
Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduang Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta. DIVA Press.
Burhani. (2017). Menuju Tangga Sukses. Surabaya : Pustaka Media Guru
Burhani. (2019). Membumikan Astronomi di Titian Teras. Surabaya. Pustaka Media Guru
Lickona, Thomas. (2013). Educating for Character, Mendidik Untuk Membentuk Karakter. terjemahan Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharlan. (2014). Medali Untuk Bangsa. Jakarta. Kompas.
Permendikbud 2014 Ni. 62, Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Software KBBI Offline 1.5.1
Kurniawati, Maris (2011). Kajian Motivasi Belajar Mandiri Siswa Melalui Pembinaan dan Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kimia pada Siswa SMA. From https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/388/159
Marisda, Dewi Hikmah., Riskawati (2020). Peningkatan Kompetensi Guru IPA Sekolah Dasar Melalui Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN). From http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/viewFile/1375/
Muliani, Fitra., Dewi Noviati., Fajriani. (2018). Pembinaan Peningkatan Mutu Pendidikan Bidang Olimpiade Sains Bagi Guru Sd Kota Langsa Provinsi Aceh. From
http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/viewFile/2586/1573
Rachmawati, Dewi Oktofa. (2014). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Fisika SMP di Kecamatan Mengwi. From https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/download/10487/6698
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.