MODEL MANAJEMEN PESERTA DIDIK MADRASAH (STUDI KASUS MADRASAH TSANAWIYAH MODEL PRAYA)

Authors

  • HAROMAIN HAROMAIN Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.563

Keywords:

Manajemen madrasah, penerimaan peserta didik baru

Abstract

Artikel ini adalah hasil penelitian yang menggambarkan tentang manajemen peserta didik berbasis madrasah yang difokuskan pada aspek proses penerimaan, pembinaan serta evaluasi program pembinaan peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus di MTs Negeri Model Praya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerimaan peserta didik baru dilaksanakan dengan sistem terbuka dengan prosedur dan program yang telah disusun sebelumnya. Kegiatan pembinaan peserta didik mencakup aspek akademik dan non akademik. Sedangkan kegiatan evaluasi dilakukan melalui tahapan evaluasi semester dan tahunan. Pemberian reward, publikasi prestasi serta jam tambahan bagi peserta didik adalah tindak lanjut dari hasil proses evaluasi yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi. (2001). Manajemen Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara.

Arifin, I. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Sentra. Yogyakarta: Aditya Media

Haromain. (2014). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Humaniora, Jilid 1 Terbitan No. 2 Hal. 136-149.

Imron. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta. Bumi Aksara

Mantja, W. (2009). Modul Perkuliahan Prapasca:Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Program Pasca Sarjana: Universitas Negeri Malang.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. UU Nomor 20 Tahun 2003

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

HAROMAIN, H. (2021). MODEL MANAJEMEN PESERTA DIDIK MADRASAH (STUDI KASUS MADRASAH TSANAWIYAH MODEL PRAYA). STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 114-118. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.563

Issue

Section

Articles