PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter yang termuat pada buku tematik kelas IV Sekolah Dasar tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif kualitatif. Data berupa data kualitatif mengenai pendidikan karakter yang termuat pada buku tematik. Sumber data buku tematik kelas IV Sekolah Dasar tema Indahnya Keragaman di Negeriku pengarang Heny Kusumawati, S.SI terbitan kemendikbud edisi revisi tahun 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan dilakukan dengan mencari dan mengumpulkan data mengenai pendidikan karakter dalam buku tematik kelas IV Sekolah Dasar tema Indahnya Keragaman di Negeriku dan jurnal. Analisis data dilakukan dengan analisis isi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada lima implementasi pendidikan karakter yaitu Pelaksanaan Mengajarkan, Pelaksanaan Keteladanan, Pelaksanaan Menentukan Prioritas, Pelaksanaan Praksis Prioritas, Pelaksanaan Refleksi.
References
Adi, Y. K. (2017). Analisis Muatan Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas III SD Semester I. Profesi Pendidikan Dasar. 4.(1) : 27-41.
Adisusilo, & Sutarjo J.R. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Dony, P. (2019). Murid Menantang Guru, Bukti Gagalnya Pendidikan Karakter. Kompasiana, (online), (https://www.kompasiana.com, diakses 14 Agustus). Fukuyama, F. (2011). The Origins of Political Order : From Prehuman Times to French Revolution. New York: D&M Publishers Inc.
Hasanah, U. (2016). Model-model Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, hlm.18-34.
Hudiyono. (2012). Membangun Karakter. Jakarta:Esensi: Erlangga Grup.
Jamhari , I., Susilaningsih, & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Buku Suplemen 3d Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas III SD. JINOTEP, Vol.4 No.2, hlm.76-81.
Kemendiknas. (2010). Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Koesoema, A. (2012). Pendidikan Karakter: Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.
Mardiati, Y. (2012). Peran Guru dalam Implementasi Nilai-nilai Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional.
Mardikarini, & Suwarjo . (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa . Jurnal Pendidikan Karakter, No. 2, hlm. 261-274.
Marzuki. (2012). Pendidikan Karakter dan Pengintregasiannya Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar dan Lokakarya Pendidikan Karakter, Kediri: 25-26 februari tahn 2012. Sabtu-Minggu, 25-26 Februari 2012.
Marzuki. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol.2 No.1, hlm.33-44.
Noor, R. (2017). Pendidikan Karakter berbasis Sastra Solusi Pendidikan Moral Yang Efektif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. Edulib. 5. (1) : 102-103.
Ruminiati, & Khusubakti , A. (2016). Analisis Kesesuain Isi Buku Tematik Kelas IV Sekolah Dasar dengan Pendidikan Karakter,dan Pendekatan Scientific . Sekolah Dasar, No.1, hlm.27-36.
Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, wawasan, strategi dan langkah-praktis. Salatiga: Erlangga.
Sumaryati. (2015). Metode Pendidikan Karakter Siswa SMP Negeri 1 Galur Brosot Kulon Progo Tahun Pelajaran 2013-2014. Seminar Nasional Keindonesiaan ke-1.
Supriyono, S. d. (2018). Nilai Karakter Tanggung Jawab dalam Sajak-Sajak Subagio Sastrowardoyo. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. 11, No.2, hlm. 183-193.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibowo, A. (2012). Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadapan .
Wiyani, N. A. (2013). Konsep, Praktik & Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD . Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter (landasan, Pilar, Dan Impelmentasi). Jakarta: Prenada Mesdia Group.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yohanes , K. I. (2018). Ditegur Karena Main Ponsel Di Kelas, Muridnya Guru Dengan Kursi. Kompas, (online), (http://kompas.com, diakses 14 Agustus 2020).
Yulinasari. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Bandar Lampung, hlm. 137-144.
Zuchdi, D. (2015). Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press.
Copyright (c) 2021 Dwi Anggraeni Siwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).