PEMBELAJARAN SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR (SIKL) DAN SEKOLAH INDONESIA DEN HAAG (SIDH)

  • Siti Nur Khoriah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kudus-Indonesia
  • Nanda Melina Rizkia Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kudus-Indonesia
  • Annisa Fajriatul Awwaliyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kudus-Indonesia
  • Annisa Dita Ramadhani Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kudus-Indonesia
  • Ahmad Miftahul Umam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kudus-Indonesia
  • Husni Mubarok Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kudus-Indonesia
Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran, Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH), Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang cukup besar dalam berbagai bidang seperti bidang pendidikan, bidang perekonomian, bidang industri, bidang pertahanan, bidang politik dan lain sebagainya. Dalam bidang pendidikan proses pembelajaran yang biasanya dilakukan di Sekolah dipindah tempatkan di rumah masing-masing. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring di Sekolah Indonesia Luar Negeri Kuala Lumpur, Malaysia (SIKL) dan Sekolah Indonesia Den Haag, Belanda (SIDH) sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Sekolah. Subjek penelitian adalah siswa dan guru disekolah tersebut. Data dikumpulkan dengan wawancara Seminar Nasional Program Studi PGMI IAIN Kudus pada tahun 2020 melalui zoom cloud meeting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam belajar; dan (3) pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian siswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Lemahnya pengawasan terhadap siswa, kurang kuatnya sinyal di daerah pelosok, dan mahalnya biaya kuota adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.

References

Aji Fatma Dewi, Wahyu. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1.

Atsani, Muhammad Zainudin. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam, Vol. 1, No. 1.

Fitriana, D. (2018). Peran Media E-learning Dalam Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Literasi Matematika dan Norma Sosiomatematik. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus, (0291).

Hakim. (2016). Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-Statement.

Nataliani, Dessy dan Gunar Yadi. "KKL Virtual International dengan Sekolah Indonesia Den Haag". Hasil Wawancara Virtual: 19 Agustus 2020.

Purbayanto, Ari. (2016). Layanan Pendidikan Bagi Anak-anak Indonesia Di Malaysia. Kuala Lumpur.

Rosali, Ely Satiyasih. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal, Vol. 1, No. 1.

Sya'adah, Himatus dan Sulton Kamal. "KKL Virtual International dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur". Hasil Wawancara Virtual: 18 Agustus 2020.

Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI SOJOPURO DALAM MASA COVID-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.237

Yaumi, Muhammad. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategic Manajemen, 4 (1).

@sekolahindonesiakualalumpur. (2020, 16 Maret). Virtual Learning Kelas 4 SD (Instagram Profile Post). Diakses melalui https://www.instagram.com/p/CARmBjgjfwc/?igshid=6mzbql32peus

@sekolahindonesiakualalumpur. (2020, 19 Maret). SIKL Inspiration Class : Online Video Conference (Instagram Profile Post). Diakses melalui https://www.instagram.com/p/CARno4Xjrd7/?igshid=1xitsprnu0q13

@sekolahindonesiakualalumpur. (2020, 07 April). SIKL Collaborative Learning with Sekolah Republik Indonesia Tokyo (Instagram Profile Post). Diakses melalui https://www.instagram.com/p/CARlgpejBXi/?igshid=1nkz47dc3cupe

@sekolahindonesiakualalumpur. (2020, 09 Agustus). Kebijakan Belajar Di Rumah "Ramah Anak" (Instagram Profile Post). Diakses melalui https://www.instagram.com/p/CDprrvnjNV1/?igshid=1ub5kqskoytte

Published
2021-09-11
How to Cite
Khoriah, S. N., Rizkia, N. M., Awwaliyah, A. F., Ramadhani, A. D., Umam, A. M., & Mubarok, H. (2021). PEMBELAJARAN SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR (SIKL) DAN SEKOLAH INDONESIA DEN HAAG (SIDH). Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 129-145. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.223

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.