PEMBELAJARAN SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR (SIKL) DAN SEKOLAH INDONESIA DEN HAAG (SIDH)
Abstract
Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang cukup besar dalam berbagai bidang seperti bidang pendidikan, bidang perekonomian, bidang industri, bidang pertahanan, bidang politik dan lain sebagainya. Dalam bidang pendidikan proses pembelajaran yang biasanya dilakukan di Sekolah dipindah tempatkan di rumah masing-masing. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring di Sekolah Indonesia Luar Negeri Kuala Lumpur, Malaysia (SIKL) dan Sekolah Indonesia Den Haag, Belanda (SIDH) sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Sekolah. Subjek penelitian adalah siswa dan guru disekolah tersebut. Data dikumpulkan dengan wawancara Seminar Nasional Program Studi PGMI IAIN Kudus pada tahun 2020 melalui zoom cloud meeting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam belajar; dan (3) pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian siswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Lemahnya pengawasan terhadap siswa, kurang kuatnya sinyal di daerah pelosok, dan mahalnya biaya kuota adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.
References
Aji Fatma Dewi, Wahyu. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1.
Atsani, Muhammad Zainudin. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam, Vol. 1, No. 1.
Fitriana, D. (2018). Peran Media E-learning Dalam Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Literasi Matematika dan Norma Sosiomatematik. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus, (0291).
Hakim. (2016). Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-Statement.
Nataliani, Dessy dan Gunar Yadi. "KKL Virtual International dengan Sekolah Indonesia Den Haag". Hasil Wawancara Virtual: 19 Agustus 2020.
Purbayanto, Ari. (2016). Layanan Pendidikan Bagi Anak-anak Indonesia Di Malaysia. Kuala Lumpur.
Rosali, Ely Satiyasih. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal, Vol. 1, No. 1.
Sya'adah, Himatus dan Sulton Kamal. "KKL Virtual International dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur". Hasil Wawancara Virtual: 18 Agustus 2020.
Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI SOJOPURO DALAM MASA COVID-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.237
Yaumi, Muhammad. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategic Manajemen, 4 (1).
@sekolahindonesiakualalumpur. (2020, 16 Maret). Virtual Learning Kelas 4 SD (Instagram Profile Post). Diakses melalui https://www.instagram.com/p/CARmBjgjfwc/?igshid=6mzbql32peus
@sekolahindonesiakualalumpur. (2020, 19 Maret). SIKL Inspiration Class : Online Video Conference (Instagram Profile Post). Diakses melalui https://www.instagram.com/p/CARno4Xjrd7/?igshid=1xitsprnu0q13
@sekolahindonesiakualalumpur. (2020, 07 April). SIKL Collaborative Learning with Sekolah Republik Indonesia Tokyo (Instagram Profile Post). Diakses melalui https://www.instagram.com/p/CARlgpejBXi/?igshid=1nkz47dc3cupe
@sekolahindonesiakualalumpur. (2020, 09 Agustus). Kebijakan Belajar Di Rumah "Ramah Anak" (Instagram Profile Post). Diakses melalui https://www.instagram.com/p/CDprrvnjNV1/?igshid=1ub5kqskoytte
Copyright (c) 2021 Siti Nur Khoriah, Nanda Melina Rizkia, Annisa Fajriatul Awwaliyah, Annisa Dita Ramadhani, Ahmad Miftahul Umam, Husni Mubarok
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).