PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • NINA GANTINA KUSTIAN SMPN 1 Bojonggenteng Sukabumi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384

Keywords:

Mind Mapping, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini masuk dalam penelitian kualitatif, kategori penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan adalah suatu penelitian menggunakan kajian teoritis yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam informasi yang ada di perpustakaan seperti buku, jurnal, berita dll. Data-data tersebut dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, yaitu dengan jalan membaca (text reading), mengkaji, mempelajari, dan mencatat literatur yang ada kaitannya dengan pembelajaran. Penggunaan maind mapping dalam meningkatkan hasil belajar tentu dipilih guru sebagai salah satu alternatif. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2009 : 200) hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan yang diperoleh oleh siswa setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran yang ditandai dengan nilai. Hasil belajar bukan suatu  penguasaan hasil latihan melainkan pengubahan kelakuan (Hamalik, 2008: 27).  Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa R, Dkk. (2018). Peningkatan daya ingat hasil beajar soswa dengan Mind Mapping method pada materi listrik dinamis. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Agustina, V. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Pelajaran IPA Pada MateriDaur Air untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatif Siswa. Skripsi. PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak Diterbitkan.

Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Chen, C dan Jeng-Fung H. (2014). The Effects ofTeaching with Graphics Organizers on the Thingking Organizers of Students. US-China Education Review. (4) 4,261-267.

Darmayoga W, Dkk. (2013). Pengaruh implementasi metode Mind Mapping terhadap hasil beajar IPS ditinjau dari minat siswa kelas IV SD Sathya Sai Denpasar. e jurnal Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Darusman Rijal. 2014 Penerapan metode Mind Mapping (Peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa SMP. Jurnal Ilmiah MTs Miftahul Hasna.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawati M.N & Kusumanginrum D. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dasar Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo.

Elita U. (2018). Peningkatan hasil beajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Dumai.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika.

Immadudin C,M & Utomo N,H,U. (2012). Efektifitas metode Mind Mapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIII Muhammad 8 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Kustina Gantina N. (2018). Penggunaan metode Mind Mapping untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII B semester 2 SMPN 1 Bojonggenteng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah. Vol 1.1 tahun 2021.

Kurniawati Dwi D. (2010). Pengaruh metode Mind Mapping dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS pada siswa KelasVIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Olivia, F. (2013). 5-7 Menit Asyik Mind Maping Kreatif. Jakarta.:Elex Media Komputindo.

Putra, Y. P. (2008). Memori dan Pembelajaran Afektif. Bandung: Yrama Widya

Setriyani D. (2019). Metode Pembeajaran Mind Map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Islam Sultan Agung. Vol. 6 No. 1

Sudarman. (2009). Peningkatan Pemahaman dan Daya Ingat Siswa Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R). Jurnal Pendidikan Inovatif. Jilid 4. Nomor 2: 67-72.

Susanti Sri. (2016). Metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Swadarma, D. (2013). Mind Maping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : Elek Media Komputindo.

Warseno, Agus dan Ratih Kumorojati. (2011). Super Learning: Praktik Belajar Mengajar yang Serba Efektif dan Mencerdaskan. Jogjakarta: Diva

Windura, S. (2013). 1 St Mind Map Untuk Siswa,Guru Dan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2021-08-06

How to Cite

KUSTIAN, N. G. . (2021). PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30-37. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384

Issue

Section

Articles