PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN SOLUSINYA STUDI KASUS DI SMKN 4 YOGYAKARTA

Authors

  • JAMADI JAMADI SMKN 4 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.484

Keywords:

Pandemi Covid-19, Problematika Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Abstract

Kebijakan  pembelajaran daring  merupakan upaya pencegahan penyebaran covid-19. Meski ada kekurangan, pembelajaran daring merupakan solusi saat ini. Pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi berbasis teknologi Informasi dan jaringan. Penelitian ini mengungkap problematika dan  solusinya dengan kasus di SMKN 4 Yogyakarta. Metode penelitian deskriptif kualitatif yang dirancang menggambarkan data penelitian secara obyektif, dengan analisis data induktif, mementingkan proses dan makna. Teknik pengumpulan, dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi dan peneliti sebagai kunci. Hasil wawancara ditemukan problematika yang dihadapi peserta didik, guru dan orang tua. Bagi peserta didik, yang menonjol; paket data, berturut kondisi jenuh, konsentrasi terganggu,  orang tua kurang mendukung, pembelajaran belum familiar, pemakaian gawai  bersama dan jaringan tidak stabil. Problematika guru; paling menonjol semangat belajar rendah, kompetensi menurun,  sulitnya penanaman karakter, komunikasi serta masih ada guru terkendala pembelajaran. Sedangkan orang tua; kesulitan ekonomi,  kesempatan, pemahaman pembelajaran yang keliru dan masalah komunikasi. Dari penelitian didapatkan, solusi problematika dalam pembelajaran daring, secara umum perlu pemahaman yang sama bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Komunikasi diharapkan terbangun secara baik, sehingga problematika dapat diselesaikan. Masalah kesulitan ekonomi, paket data, jaringan, gawai untuk bersama dipecahkan secara komprehensif, kolaborasi orang tua, guru dan fihak lain. Kesulitan pembelajaran daring dipecahkan dengan mengadakan pelatihan bagi guru, pendampingan peserta didik dan sosialisasi kepada orang tua.  Masalah kesempatan dan sarana pembelajaran, orang tua dan peserta didik diharap membuat skala prioritas. Problem kurang semangat karena jenuh, konsentrasi terganggu, ditemukan solusinya guru melaksanakan pembelajaran inovatif, kreatif serta menarik, bahkan pembelajaran diharap sekaligus hiburan. Capaian kopetensi masa darurat, perlu perampingan KD substansial saja, serta penanaman karakter akhlak mulia, perlu strategi dan penilaian yang sesuai. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan gambaran dan acuan bagi penelitian berikutnya dan fihak yang terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, Albi & Setiawan, Johan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif : Metodologi penelitian kualitatif. Jawa Barat : CV. Jejak Sukabumi.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, . Volume 7 Nomor 4, halaman 281-288.

Basar, Afip Miftahul. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi), E: Jurnal Ilmiah Pendidikan, dunesia, Vol. 2, No 1 Hal. 208 – 218

Haryadi, Rudi & Selviani, Fitria. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, Volume 12 Nomor 2, Juli 2021, Hal 254-261.

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri No. 01/KB/2021, No. 516 Tahun 2020, No.HK.03.01/Menkes/363/2020, dan No. 440-882 tentang Panduan PenyelenggaraanPembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 dimasa Covid-19 Menteri Pendidikan. (2020).

Mahpudin, Pupu. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Classroom. Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah : The Indonesian Journal of Islamic Studies, Vol. 9, No.1, Hal 45-56

Mantu, Joko, (2015), Peran Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sma Negeri 9 Manado. Skriptsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.

Maria, Rika & Rifma & Syahril (2021), Efektivitas Pembelajaran Dan Pembinaan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan, Edukasi, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Vol 3, No 4. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/566/pdf

Nugraheni, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam penelitian Pendidikan Bahasa, Uiversitas Bantara.ac.id. http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf

Pratiwi , Maya Intan. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM, Jurnal Nurs, Lembaga Penelitian, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusi, Vol 4, No 2.

Purandina, I Putu Yoga & Winaya, I Made Astra (2020), Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja Jayapangus Press, Vol. 3 No. 2. Hal. 270-290.

Raco, J.R. Dr., ME, M.Sc. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta. https://osf.io/mfzuj

Rofi’ah, Risatur. (2021). Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Institut Pesantren Sunan Drajat, Vol. 01 No. 01 (April 2021), Hal. 52-58

Sarwa, S.S.,M.M. (2021). Pembelajaran jarak: konsep dan solusi. Indramayu Jawa Barat : CV. Adanu abimata.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36952/MPK.a/HK/2020, tanggal 17 Maret Tahun 2020, Tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk mencegah penyebaran CoronaVirus (COVID-19).

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Lembaran Negara Republik - 3 - Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);.

Wahyono, Poncojari & Husamah, H & Budi, Anton Setia. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Profesi Guru Universitas Muhammadiyah Malang, Volume 1 No 1 Tahun 2020, Hal 51-65

Wahyuningsih, Kompyang Sri. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja Pasca Sarjana Universitas Hindu Negeri Denpasar Bali, VOL. 24 NO. 1, MARET 2021. Hal 108 – 118

Widodo, A. Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. Elementary School Education Journal (ELSE). Volume 4 Nomor 2, halaman 100-115. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5340

Zahrawati, Fawziah. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring dengan Kurikulum 2013 pada Masa Pandemik COVID-19 di SMA Negeri 1 Nunukan, Jurnal Ilmiah Iqra’, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Vol. 15 No. 1 Hal 48-58.

Downloads

Published

2021-09-08

How to Cite

JAMADI, J. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN SOLUSINYA STUDI KASUS DI SMKN 4 YOGYAKARTA. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 78-88. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.484

Issue

Section

Articles