UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERUBAHAN PERILAKU SISWA DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS XII IPS1 DI SMA NEGERI 1 PONTIANAK SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN TEKNIK ATTL

Authors

  • WISNU UTAMIARTI SMA Negeri 1 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i2.150

Keywords:

Menulis teks berita, metode partisipatori, teknik ATTL

Abstract

Keterampilan menulis harus mendapat perhatian yang lebih karena keterampilan yang paling sulit dibandingkan keterampilan yang lain. Menulis tidak hanya menuangkan ide atau gagasan yang ada tetapi melibatkan serangkaian pengetahuan dan keterampilan lain untuk dapat menjadikan tulisan itu enak dibaca. Kegiatan tulis menulis bertujuan untuk mengungkap fakta-fakta, perasaan, sikap, isi pikiran secara jelas dan efektif kepada pembacanya. Keterampilan menulis tidak datang secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan praktik. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian siklus I dan siklus II diketahui adanya peningkatan ketuntasan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Hasil ketuntasan tes pada siklus I sebesar 36,84% dengan nilai rata-rata sebesar 70,24 dalam kategori baik. Pada siklus II, ketuntasan siswa mencapai 97,36% dengan nilai rata-rata yang dicapai sebesar 84,81 dan termasuk dalam kategori baik. Terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 60,52%. Pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode pastisipatori dengan teknik ATTL mampu mengubah perilaku siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 1 Pontianak. Perubahan tersebut seperti siswa yang semula kurang siap, kurang bersemangat, dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran menjadi siap, bersemangat, senang, dan menikmati pembelajaran. Siswa juga tampak lebih aktif dan tidak malu bertanya pada narasumber dan ketika menemui kesulitan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasbulllah, 2000. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Heldi. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Ciputat: Quantum Teaching,

Subyantoro. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Semarang: Cipta Prima Nusantara

Tarigan, Azhari Akmal, Dkk, 2009. Menjaga Tradisi Mengenal Modernitas Apresiasi Terhadap Pemikiran dan Kiprah Lahmuddin Nasution Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Wagiran dan Mukh Doyin. 2005. Curah Gagasan. Semarang: Rumah Indonesia.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Ratumanan, T., & Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

UTAMIARTI, W. . (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERUBAHAN PERILAKU SISWA DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS XII IPS1 DI SMA NEGERI 1 PONTIANAK SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN TEKNIK ATTL. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan , 1(2), 97-105. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i2.150

Issue

Section

Articles