Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik Pada Pizza Oei-Oei Medan Menggunakan Metode SAW

Abstract

Pelanggan merupakan instansi, lembaga, organisasi ataupun orang yang membeli produk atau jasa perusahaan secara rutin atau berkesinambungan karena produk atau jasa yang dibelinya merasa sangat bermanfaat. Pada suatu usaha ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat, baik bersakala besar, sedang bahkan kecil sekalipun, diperlukannya seorang pelanggan. Pelanggan berperan dalam menentukan bergeraknya kehidupan suatu bisnis. Pizza Oei-oei Medan merupakan salah satu bisnis yang bergerak dibidang makanan. Bisnis tersebut menyediakan makanan seperti Pizza dengan varian rasa, cokelat, soft drink, Donat, Roti Garlic dan makanan ringan lainnya. Untuk pemesanan dapat dilakukan dengan datang langsung ke toko ataupun via online. Namun, Sampai saat ini belum adanya sistem untuk memberikan keputusan dalam menentukan pelanggan terbaik. Selama ini hanya dilakukan secara acak tanpa terstruktur dan menjadi tidak fair. Penelitian membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk menentukan pelanggan terbaik pada Pizza Oei-Oei Medan yang dapat menghasilkan keputusan dari berbagai alternatif dan kriteria yang ada dalam menentukan pelanggan terbaik dengan fair. Adapun metode yang digunakan adalah SAW (Simple Additive Weighting). SAW merupakan metode yang dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif . Metode SAW dapat diimplementasikan untuk mengetahui pelanggan terbaik berdasarkan kriteria dan bobot yang ditentukan secara benar. Sistem pendukung keputusan untuk menentukan pelanggan terbaik pada Pizza Oei-oei Medan Menggunakan Metode SAW ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dan membantu pihak bisnis dalam pengambilan keputusan untuk menentukan pelanggan yang layak menjadi pelanggan terbaik.