PENGGUNAAN ES BALOK PADA PEMBUATAN PUFF PASTRY DAN DANISH PASTRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA TINGKAT XI TATA BOGA DI SMK PARIWISATA KOTA CIREBON

Authors

  • LUWIH LUWIH SMK Negeri 1 Indramayu, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.51878/vocational.v1i3.398

Keywords:

Penggunaan Es Balok, Pembuatan Puff Pastry dan Danish Pastry, Keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat puff pastry dan danish pastry dengan menggunakan es balok sebagai pendingin adonan. Metode penelitian yang digunakan PTK model Kemmis dan Mc. Taggart, menurut Arikunto (2010:137), ada 4 tahapan yaitu planning, action, observation, dan reflection yang merupakan satu siklus. Pada penelitian dilakukan tindakan siklus I dan II. Data diperoleh melalui observasi dan penilaian praktek. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa lebih dari KKM yaitu 80. Sebelum tindakan perbaikan dari 35 hanya 13 siswa (37,14%) cukup terampil, dengan skor rata-rata 80. Pada siklus I siswa sangat terampil 7 (20%) dengan skor rata-rata 90,14, disiklus II meningkat menjadi 14 siswa (40%) dengan skor rata-rata 94,07. Siklus I siswa terampil 24 (68,57%) dengan skor rata-rata 88,43, disiklus II meningkat menjadi 21 siswa (60%) dengan skor rata-rata 89,29. Siklus I siswa cukup terampil 4 (11,42%) dengan skor rata-rata 83,75, disiklus II semua siswa telah terampil. Kegiatan gurupun meningkat dariĀ  88,89% disiklus I menjadi 96,55% disiklus II. Dengan demikian penggunaan es balok sebagai pendingin adonan dapat meningkatkan keterampilan membuat puff pastry dan danish pastry pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Pariwisata Kota Cirebon tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-14

How to Cite

LUWIH, L. (2021). PENGGUNAAN ES BALOK PADA PEMBUATAN PUFF PASTRY DAN DANISH PASTRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA TINGKAT XI TATA BOGA DI SMK PARIWISATA KOTA CIREBON. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan , 1(3), 108-121. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i3.398

Issue

Section

Articles