PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI BIMBINGAN BERBASIS MGMP DI SMKN 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • LASA SIAGIAN Kepala SMK Negeri 7 Muaro Jambi Provinsi Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51878/vocational.v1i3.433

Keywords:

kompetensi guru, penelitian tindakan kelas, MGMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan bimbingan kelompok berbasis kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi guru SMK Negeri 7 Muaro Jambi Provinsi Jambi dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dipusatkan di SMK Negeri 7 Muaro Jambi sebagai tempat diselenggarakannya MGMP. Subyek penelitian yaitu dewan guru berjumlah 30 orang. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatkanya kompetensi Guru SMK Negeri 7 Muaro Jambi adalah dengan indikator yaitu: jika > 10 % dari jumlah peserta bimbingan telah memperoleh nilai rata-rata ? 85,00. Hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) pada siklus II diperoleh data sebagai berikut ; 1) observasi pengawas (4,22), 2) observasi guru (4,14), 3) hasil kerja secara klasikal (84,02). Indikator keberhasilan telah terlampaui Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dinyatakan berhasil, dan penelitian dihentikan pada siklus II. Bimbingan kelompok yang dilakukan terbukti efektif dalam upaya meningkatkan kompetensi guru SMK Negeri 7 Muaro Jambi dalam penyusunan proposal PTK karena 90 % dari jumlah peserta sebanyak 30 orang guru telah berhasil menyusun proposal PTK sesuai harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, K., Syahniar, S., & Nirwana, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Konselor, 3(2), 75-81.

Baharun, H. (2018). Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1-26.

Bhakti, C. P., Hartini, S., & Fauziah, M. (2019). Pelatihan peningkatan kompetensi melakukan bimbingan kelompok bagi guru bimbingan dan konseling SMP di Kabupaten Sleman. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 231-236.

Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 33-42.

Irawan, A. (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru SMP Negeri 2 Wera Dalam Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Bimbingan Kelompok Berbasis MGMP Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Wera. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(2).

Kusen, K., Hidayat, R., Fathurrochman, I., & Hamengkubuwono, H. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dan Implementasinya Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 175-193.

Romlah, T. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UMM Press.

Ridwan, R. (2016). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Bimbingan Kelompok Berbasis MGMP. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 2(1).

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13-22.

Saragih, M., & Dewi, R. S. (2018). Efektifitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Di Kota Binjai. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sudirman, S. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di Sman 1 Simboro Kabupaten Mamuju. Celebes Education Review, 2(2), 81-90.

Suhardjono, dkk, (2012). Publikasi Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Jakarta: Cakrawala Indonesia

Sukanti, S. (2008). Meningkatkan kompetensi guru melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

SIAGIAN, L. . (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI BIMBINGAN BERBASIS MGMP DI SMKN 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan , 1(3), 166-173. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i3.433

Issue

Section

Articles