PENINGKATAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SD MELALUI PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, DAN REPETITION

Irfan Supriatna, Herman Lusa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan disposisi matematis siswa SD melalui Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan setiap siklus ada dua kali pertemuan, sehingga dalam setiap penelitian ini ada empat kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa, dan objek penelitian yaitu disposisi matematis matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada siklus I dari aspek disposisi matematis yang mencapai 46,75% pada siklus I meningkat menjadi 63,85% pada siklus II. Rata-rata kelas pada siklus I yang semula 70,25% menjadi 88,75% pada siklus II. Serta ketuntasan klasikal mencapai 72% pada siklus I meningkat menjadi 86% pada siklus II. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian selama siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition.


Keywords


Disposisi Matematis, Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, et al. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Depok: Rajagrafindo Persada. Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Nawaliyah, Qomariyah.N. (2015). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan AIR Pada Materi Sifat-Sifat Bangun dan Hubungan Antara Bangun Di Kelas V SD. Jurnal Model Pembelajaran Air.Vol 3, No 2.Hal 7.

Retnowati, D. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger.Jurnal Disposisi Matematis. Hal 2

Shaifuddin, M. et al. (2016).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Auditory, Intellectually, Repetition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Model Pembelajaran AIR.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Sormin.Azizah.M. (2017).Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan.Jurnal Disposisi Matematis.Vol 2, No 1. Hal 54-55

Sukamto. (2013). Strategi Quantum Learning Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Disposisi dan Penalaran Matematis Siswa. Journal of Primary Education, 2(2), 91–98




DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Attadib: Journal of Elementary Education Indexed By:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Attadib: Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FAI Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor.  K.H Sholeh Iskandar Street of Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: attadib@uika-bogor.ac.id