PERBEDAAN SIKAP, KETERAMPILAN, DAN PENGETAHUAN TENTANG PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR PEDESAAN DAN PERKOTAAN MELALUI MODEL PJBL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI BENGKULU

Victoria Karjiyati, Dalifa Dalifa, Hasnawati Hasnawati, Neza Agusdianita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan sikap, keterampilan dan pengetahuan peduli lingkungan siswa yang berada di SD yang terletak di wilayah pedesaan dan perkotaan  dengan menggunakan model PjBL dalam pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik di Bengkulu. Penelitian  ini merupakan  penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan the matching only pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Provinsi Bengkulu. Sampel Penelitian ini adalah sebagai kelas eksperimen perwakilan wilayh perkotaan adalah siswa kelas V di SDN 81 Kota Bengkulu, SDN 7 Kabupaten Rejang Lebong dan SDN 16 Kabupaten Bengkulu Utara.  Sampel untuk kelas kontrol perwakilan wilayah pedesaan adalah SDN 05 Kabupaten Lebong, SDN 27 Kabupaten Bengkulu Tengah dan SDN 013 Kabupaten Seluma. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif menggunakan uji mann whitney-u. Hasil uji hipotesis diperoleh untuk kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap sebesar 0,000 < sig 0,025. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan sikap, keterampilan dan pengetahuan peduli lingkungan siswa yang berada di SD yang terletak di wilayah pedesaan dan perkotaan  dengan menggunakan model PjBL dalam pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik di Bengkulu.


Keywords


Sikap, Keterampilan dan Pengetahuan, Lingkungan, PjBL, Tematik

Full Text:

PDF

References


Hamzah, Syukri.2013. Pendidikan Lingkungan. Bandung: Refika Aditama

Hardianti, Enyea Winanda. 2015. Sikap Peduli Lingkungan, Pengetahuan dan Keterampilan Membuat Kolase Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL). Bengkulu: Skripsi Universitas Bengkulu

Kemendikbud. 2013. Bahan Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusbangprodik.

Thomas, J. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. California: Jurnal PjBL




DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v3i1.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Attadib: Journal of Elementary Education Indexed By:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Attadib: Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FAI Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor.  K.H Sholeh Iskandar Street of Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: attadib@uika-bogor.ac.id