Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Indonesia

Authors

  • IMAN TAUHID Universitas Negeri Medan
  • Rifqi Aufan Universitas Negeri Medan
  • Samsuddin Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.53905/inspiree.v1i3.11

Keywords:

lari sprint, pendekatan bermain

Abstract

Tujuan Penelitian. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Perguruan Budi Agung Marelan Tahun Ajaran 2019/2020.

Metode Penelitian. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan gaya mengajar bermain sebagai sasaran utama. Pemaparan dalam upaya meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bemain pada siswa kelas VIII SMP. jenis penelitian tindakan kelas maka peneliti ini dilakukan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan sebagai berikut : 1) Perencanaan (planning), 2) Tindakan (acting), 3) Pengamatan (observing), 4) Refleksi (reflecting).

Hasil. Dari pembelajaran lari sprint tindakan untuk memperbaiki di siklus II yaitu dengan menggunakan metode  pendekatan bermain dapat kita lihat dari 28 orang siswa hanya 24 orang siswa yang(85,71%) yang telah mencapai nilai ketuntasan, sedangkan 4 orang siswa (14,28%) belum mencapai ketuntasan belajar.

Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Melalui Pendekatan Bermain Dapat Meningkat Hasil Belajar Lari Sprint pada Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Budi Agung Marelan Tahun Ajaran 2020/202.

Author Biographies

Rifqi Aufan, Universitas Negeri Medan

Penulis adalah seoarang dosen di Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan, Indonesia

Samsuddin Siregar, Universitas Negeri Medan

Penulis adalah seoarang dosen di Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan.

References

Depdiknas, (2006). Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta : Dikdasmen.

Supandi, (2007). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan: Depdiknas.

Wawan S. Suherman. (2004). Kurikulum Berbasis Kopetensi Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Depdiknas, (2006). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas

Safari, (2012). Pembinaan Kebugaran Jasmani Disekolah. Bandung: CV

Winataputra. Udin S. Dkk. (2007). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Universits Terbuka.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenda Media Group

Ahmad Sabri, (2005). Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching

Dimyanti Dan Mudjiono, (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Anurrahman. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Edward Purba Dkk. (2003). Belajar Dan Pembelajaran. Medan UNIMED

S. Samsuddin. (2019). Model pembelajaran Teknik Dasar Tenis Meja Berbasis Permainan : Jakarta P.T Aksara Akademia.

Bahagia, Yoyo. dkk. (2000). Atletik. Jakarta: Depdiknas.

Hurlock. (2010). Psikologi Pengembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Ahli Bahasa Istiwidayanti dkk. Jakarta: Erlangga.

Mochammad Djuminar. (2004). Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2002). Pedoman Kesehatan Olahraga. Direktorat Bina Kesehatan Masyarakat Jakarta: Depkes RI.

Yoyo B, Ucup, Y, Dan Adang S, (2000). Atletik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Muthar, T. (2011). Atletik. Sumedang: CV.Bintang Wali Artika.

Published

2020-09-27

How to Cite

TAUHID, I., Aufan, R. ., & Siregar, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama: Indonesia. INSPIREE: Indonesian Sport Innovation Review, 1(3), 126–138. https://doi.org/10.53905/inspiree.v1i3.11

Issue

Section

Articles