STRATEGI MEDIA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SDN KALIANGET TIMUR 1 KALIANGET SUMENEP

Abstract

Upaya kepala sekolah meningkatkan kinerja Guru dengan menggunakan strategi studi banding terhadap sekolah unggulan lainnya, dapat dipahami sebagai tindakan stimulan kepala sekolah tehadap kinerja guru dengan saling berbagi informasi antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Dalam penelitian ini, peneliti akan menjawab beberapa rumusan masalah yang berkaitan dengan tindakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan menggunakan strategi media studi banding. Pertama, bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sebelum dilakukan studi banding? Kedua, bagaimana kinerja guru setelah diadakan studi banding oleh kepala sekolah? Metode Penelitian ini, akan menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yaitu dengan melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan  refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja guru sebelum dilaksanakan tindakan dapat dibilang stagnan, setelah studi banding dilaksanakan dapat menjadi strategi media peningkatan kinerja guru oleh kepala sekolah. Studi banding sebagai media sharing informasi dan pengalaman guru dalam meningkatkan kinerja. Dan kinerja guru semakin menunjukan performance yang lebih baik.