UPAYA MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN KELAS V SD N DONOTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat siswa di masa pandemi covid-19 melalui penerapan model pembelajaran take and give pada subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan kelas V SD N Donotirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 9 siswa dari total 24 siswa kelas V SD N Donotirto tahun ajaran 2020/2021 yang diizinkan untuk berpartisipasi dalam penelitian berdasarkan surat dari Kepala SD N Donotirto Nomor : 25/SD. DNT/Kshn/X/2020 dikarenakan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 dengan meminimalkan kerumunan siswa. Objek dalam penlitian ini adalah daya ingat siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara tak berstruktur dan tes. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase dan rata-rata skor. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal daya ingat siswa diperoleh hasil rata-rata persentase 26,7% dengan kriteria kurang dan hasil observasi kegiatan mengajar guru dengan persentase 80% dengan kriteria baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, peningkatan daya ingat siswa diperoleh hasil rata-rata persentase 46,65% dengan kriteria cukup dan hasil observasi kegiatan mengajar guru dengan rata-rata persentase 98% dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan diperoleh hasil rata-rata persentase daya ingat siswa sebanyak 81,1% dengan kriteria sangat baik dan diperoleh hasil observasi kegiatan mengajar guru dengan hasil rata-rata persentase 100% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan daya ingat siswa.