Pengaruh Interaksi Edukatif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tembilahan

Authors

  • Puspita Dwi Handayani STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.61

Keywords:

Interaksi Edukatif, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Tembilahan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 25 orang siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 2 Tembilahan. Sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data rumus regresi sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan di SMKN 2 Tembilahan dapat disimpulkan bahwa interaksi edukatif  guru di SMKN 2 Tembilahan berada pada kategori sedang yakni 62% sedangkan motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang yakni 52%, selain itu terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Tembilahan berdasarkan hipotesis Ha terima dan H0 ditolak dengan ketentuan hipotesis Fhitung 60,9>Ftabel 4,28.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Purwanto, Erwan, Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Aqib, Zainal, Elham Rahmanto. 2007. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: remaja Rosdakarya.

Bahri Djamrah, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

B. Uno, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadis, Abdul, Nurhayati. 2014. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2005. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Khodijah, Nyanyu. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Mahfan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Sandro.

M. Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Ridwan. 2011. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Surachim, Ahim. 2016. Efektivitas Pembelajaran: Pola Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Alfabeta.

Syarif Sumantri, Mohamad. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Widodo. 2004. Cerdik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta: Yayasan Kelompok.

Yulianti Zakiyah, Qiqi, A. Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Handayani, P. D. . (2020). Pengaruh Interaksi Edukatif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tembilahan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 94–107. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.61