Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan

Authors

  • Rahman Sudaisih Syamrabusta STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.62

Keywords:

Kinerja Guru, RPP, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan.

Subjek dalam penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan. Sedangkan objek penelitian adalah kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 2 guru. Sampel diambil dari seluruh populasi yang ada. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dengan menggunakan rumus persentase.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan” nilai persentasenya adalah 74%, dan tergolong “Baik” karena terletak pada interval 61%-80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Guru dan Langkah-langkah Pembelajaran, Jakarta: Atlanta Press, 2009.

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Andi Prastowo, Pendidikan religiositas: gagasan, isi, dan pelaksanaannya, Jakarta: Kencana, 2015.

Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen SDM Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Asep Saepul Hamdani, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Bimo Walgito, Bimbingan dan Konseling, Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Dahar Sulaiman, Evaluasi Hasil Belajar, Bandung: Kalam Mulia, 2010.

Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Skeola, Jakarta: Dir PMU, 2000.

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Ferry Efendi dan Makhfudli, Keperawatan Kesehatan Komunitas, Jakarta: Salemba Medika, 2009.

Kartono, Pengembangan Kurikulum KTSP, Jakarta: Gagas Media, 2009.

Kunandar, Guru Profesional, Impelemtasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP) dan Sukses dalam sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Ma’as Shobirin, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Skeolah Dasar, Yogyakarta: Deepublish, 2013.

Melayu Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Sinar Grafika Offset, 2002.

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Rahmat Alyakin Dachi, Proses dan Analisis Kebijakan Kesehatan Suatu Pendekatan Konseptual), Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alpabeta, 2005.

Saudah Racman, Implementasi Kebijakan Perusahaan, Bandung: Econom.Ce, 2007.

Soetopo, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Kalam Mulia, 2006.

Sofan Amri dan Lif Khairu Ahmadi, Kontruksi Pengembangan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2010.

Subana, dkk. Statistik Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Werkanis dan Marlius Hamadi, Strategi Mengajar, dalam pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Pekanbaru: Sutra Benta Perkasa, 2005.

Winarno, Metodologi Penelitian, Malang: Universitas Negeri Malang, 2005.

Wirawan, Evaluasi Kinerja, Jakarta: Erlangga, 2001.

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Syamrabusta, R. S. (2020). Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 108–117. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.62