Pengaruh Pendidikan Moral Terhadap Prilaku Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir

Authors

  • Nurfadhilah Azura STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Deddy Yusuf Yudhyarta STAI Auliaurasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.79

Keywords:

Pendidikan Moral, Prilaku Siswa, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan moral terhadap prilaku siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MIN 1 Indragiri Hilir.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Indragiri HILir. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Prilaku siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Populasi berjumlah 250 orang, yang menggunakan sampel berjumlah 71 orang. Teknik pengumpulan data adalah metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisa penelitian ini peneliti menggunakan rumus teknik regresi sederhana.

Hasil dari penelitian ini adalah Fhitung Ftabel(21,30 3,98). Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan moral terhadap prilaku siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Indragiri Hilir.Pendidikan moral kepada siswa agar memiliki prilaku yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Ubaedillah dan Abdul Rozak, 2013, Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia Dan Masyarakat Madani, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Abuddin Nata, 2012, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana.

Agus Suprijono, 2012, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Tafsir, 2012, Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohan, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Anas Sudjiono, 2008, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

B. Suryosubroto, 2004, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bimo Walgito, 2010, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Burhanuddin Salam, 2000, Etika Individual: Pola Dasar Filsafat Moral, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

C. Asri Budiningsih, 2013, Pembelajaran Moral, Jakarta: PT. Renika Cipta.

Darmayati Zuchadi, 2008, Humanisasi Pendidikan: Menentukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, 1997, Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo.

Deddy Yusuf Yudhyarta, 2013, Pendidikan Pancasila, Tembilahan: Yayasan Pendidikan Auliaurrasyidin Sekolah Tinggi Agama Islam.

___________________________, 2017, Pentingnya Pendidikan Kewarga negaraan Di Perguruan Tinggi, Pekanbaru: UR Press.

Desmita, 2012, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Edi Soegioto dan D. Yuliana Hurani, 2003, Kemampuan Dasar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka.

Elly M. Setiadi, 2005, Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Franz Magnis Suseno, 1987, Etik Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral, Yogyakarta: Kanisius.

Hasan Basri, 2009, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. Pustaka Setia.

H.B. Siswanto, 2011, Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.

Inge Hutagalung, 2007, Pengembangan Kepribadian Tinjuan Praktis Menuju Pribadi Positif, Jakarta: PT. Macan Jaya Cemerlang.

Jalaluddin, 2002, Teologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moh. Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, 2012, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Oemar Hamalik, 2011, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan, 2011, Belajar Mudah Penelitian Guru-Karyawan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, (Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syamsu Yusuf, 2009, Psiklogi Perkembagan Anak dan Remaja, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Wahyu MS dan Muhammad MS, 2000, Petunjuk Praktis Membuat Skripsi, Surabaya: Usaha Nasional.

Wiwit Wahyuning, 2003, Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak, Jakarta: Gramedia.

Wisnu Giyono dan Tarto Sentono, Jurnal Penelitian Vol. 10 Pelaksanaan Pendidikan Moral di Sekolah Dasar Kota Yogyakarta, 2015.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Azura, N., & Yudhyarta, D. Y. (2020). Pengaruh Pendidikan Moral Terhadap Prilaku Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir . Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.79