Integrasi Pendidikan Karakter dalam Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi

Authors

  • M. Ridhwan STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Deddy Yusuf Yudhyarta STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Anggi Yurisa STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.82

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Integrasi, Pendidikan Karakter

Abstract

Pembahasan  mengenai  karakter merupakan hal penting dan mendasar. Baik atau buruknya karakter seseorang  tercermin  dalam  sikap/tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Melihat situasi  di negara kita saat ini yang nampak pada buruknya tingkah laku warga negara, dari pemberitaan yang ada di berbagai media massa. Hampir setiap hari memberitakan tentang kejahatan yang  dilakukan, baik itu kejahatan biasa maupun kejahatan yang luar biasa sebenarnya sudah sangat sulit untuk ditoleransi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus sedangkan teknilk pegumpulan datayaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun responden adalah dosen Pendidikan Pancasila yaitu 2 orang. Pada penelitian ini, juga mencoba mengamati hambatan-hambatan yang dihadapi oleh dosen dalam mengintegrasikan konsep pendidikan karakter dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Integrasi pendidikan karakter dalam matakuliah Pancasila. Hal merupakan solusi yang dapat membangkitkan kembali peranPancasila sebagai mata kuliah yang merupakan leading sector dalam pengembangan karakter mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Ubaedillah dan Abdul Rozak. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia Dan Masyarakat Madani, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Abuddin Nata. (2012). Manajemen Pendidikan : Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : Kencana.

Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ahmad Tafsir. (2012). Filsafat Pendidikan Islami :Integrasi Jasmani, Rohan, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya.

Aqib, Z. (2012). Pendidikan Karakter Di Sekolah (Membangun Karakter Dan Kepribadian Anak). Bandung: Yrama Widya.

Bimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum,Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Budimansyah, D. (2012). Dimensi-Dimensi Praktik Pendidikan Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.

Budiningsih Asri. (2013). Pembelajaran Moral, (Jakarta: PT. Renika Cipta, 2013),

Cholisin. (2011). Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran Pkn. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Darmadi, H. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Darmayati Zuchadi. (2008). Humanisasi Pendidikan : Menentukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta : Bumi Aksara.

Deddy Yusuf Yudhyarta. (2017). Pentingnya Pendidikan Kewarga negaraan Di Perguruan Tinggi, Pekanbaru : UR Press.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Elly M. Setiadi. (2005). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Franz Magnis Suseno. (1987). Etik Dasar : Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral, Yogyakarta : Kanisius.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.

H.B. Siswanto. (2011). Pengantar Manajemen, Jakarta : Bumi Aksara.

Hasan Basri. (2009). Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : PT. Pustaka Setia.

Inge Hutagalung. (2007). Pengembangan Kepribadian Tinjuan Praktis Menuju Pribadi Positif, Jakarta : PT. Macan Jaya Cemerlang.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual (konsep dan aplikasi). Bandung: PT Refika Aditama.

Lickona, T. (2012). Character Matters. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Moh. Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Mulyasa. 2013. Manajemen PendidikanKarakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.

Syamsu Yusuf. (2009). Psiklogi Perkembagan Anak dan Remaja,Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan). Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Ridhwan, M., Yudhyarta, D. Y., & Yurisa, A. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 198–211. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.82

Most read articles by the same author(s)