Minat Mahasiswa dalam Menghadiri Kegiatan Seminar Proposal di Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.85Keywords:
Minat, Proposal, Seminar, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa dalam menghadiri kegiatan seminar proposal itu sangat penting bagi mahasiswa. Menghadiri seminar ini, tidak ada unsur paksaan dan atas keinginan sendiri.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa STAI Auliaurrasyidin Tembilahan yang telah mengikuti matakuliah metodologi penelitian yang berjumlah 1153 mahasiswa dengan sampel sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus porsentase.
Berdasarkan penelitian dan analisa data yang peneliti peroleh melalui rekapitulasi angket, diperoleh hasil bahwa minat mahasiswa dalam menghadiri kegiatan semiar proposal di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan dikategorikan “baik” karena mencapai angka perentasi 66,67 yaitu terletak pada interval 61-80%.
Downloads
References
Anas Sudijono, (2008, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Adnan Mahdi & Mujahidin, (2014), Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi, Bandung: Alfabet.
Abdul Rahman Shaleh Dan Muhbib Abdul Wahab, (2014), Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, Jakarta: Prenada Media.
Andre Ardiyansyah, (Tth), Kamus Lengkap Yunior 55, Surabaya: Pustaka Agung Harapan.
Bima Walgito (1981), Bimbingan Dan Penyaluran Di Sekolah, Yogyakarta: Fakultas F Isikolgi Ugm.
Djaali, (2013), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pt Bui Aksaa
Hasan Basri, (2010), Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia
W.C. Witherington, (1985), Psikologi Pendidikan Jakarta: Aksara Baru
Nurul Zuriah (2006), Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.
Jhon M. Echols dan Hasan Shadily, (2000), Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT Gramedia.
Kusuma Wijaya dan Dewi Tagana Dedi, (2011), Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Indeks
Kartini Kartono, (1995), Psikologi Umum, (Bandung: Mandar Maju.
Muhibbin Syah, (2001), Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacan Ilmu.
M.Dalyono, (2010), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka, Cipta.
Makmum Khairani, (2013), Psikologi Belajar, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Muhammad Takdir Ilahi, (2012), Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral, Jogjakarta: Arruz Media,
M Kasir Ibrahim, (T, Th) Kamus Arab, Surabaya: Apollo.
Moh.Uzer Usman, (2010), Menjadi Guru Professional, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Perpustakaan Nasional, (2010), Peraturan Pemerintah Nomor Tahun 17 Tahun 2010 Tentan Pengeolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Timur
Psikologi, (2004), Modul Orientasi Pembekalan Calon PNS Proyak Pembibitan Calon Tenaga Kependidikan Biro Kepegawaian Secretariat Jendral Depertemen Agama Republik Indonesia
Riduan, (2011), Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan Dan Penelitian Pemula, Bandung: Alfa Mata
Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Sapiah Faisal, (2003), Format Format Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Sugiyono, (2016), Cara Mudah Menyusun Skipsi, Tesis, dan Disertasi, Bandung: Alpabet, Cet.ke-4.
Sumanto, (2014), Psikologi Umum, (Yogyakarta:PT Buku Seru.
Slameto, (2013), Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: PT. Rineka Cipta,
Syaiful Bahri Djamarah, (2008), Psikologi Belajar Jakarta: Renika Cipta),
Safari, (2005), Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi, Jakarta: Assosisai Pengawasan Sekolah Indonesia. Cetakan Ke-2.
Sadirman A.M, (2003), Intraksi Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Grafindo Persada.
Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tim Prema Pena, (T. Th), Kamus Lengkap Besar Bahasa Indonesia, Gita Media Press
W.J. Spoerwadarminta, (2007), Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: BalaiPustaka.
Www.Hipwee.Com/List/6-AlasanKenapa Kamu Harus Menghadiri Seminar Proposal-Atau Seminar Hasil/ .2016/11/30 16:00 Wib
Zainal Arifin, (2007), Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru, Jakarta: Rosda Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License