Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir

Authors

  • Yenni Oktavia STAI Auliaurasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.90

Keywords:

Metode Belajar, Hasil Belajar, Scrumble

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan metode scramble dengan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilan Hilir. Manfaat penelitian ini adalah Sebagai  bahan informasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan metode mengajar  guru dengan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilan Hilir.

Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran dan Siswa kelas IV, V, dan VI di Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilan Hilir. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengunaan metode scramble. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi, teknik analisa data dengan rumus uji t.

Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% t,-ttabel ≤ thitung,atau -1,994 ≤ -60,64. Dengan kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan metode scramble terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV, V,VI di Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013, Cet ke-1

Ahmad, Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005

Burhan, Bungin, Metodolgi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Prenada Media Group: 2010

Cholid, Narbuto dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2002

Desy Anwar, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia, 2005

E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008

Etin, Solihatin, COOPERATIVE LEARNING Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara, 2008, cet ke-3

Fatih, Arifah dan Yustisianisa, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012

H.M. Musfiqon, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustakaraya: 2012

Hamzah, Dkk, Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013

Hanafi, M, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta Pusat: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Islam RI, 2009

Heri, Jauhari Muchtar, Fikih Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005, Cet. ke-1

Husaini, Usman, dkk. Pengantar Statistika (Jakarta: Bumi Aksara, 2006, ed. Kedua, cet ke-1

Husein, Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008

Imas Kurniasih, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru, Jakarta: Kata Pena, 2015, cet ke-2

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2004, cet ke-3

M. Hanafi, Pembelajaran SKI di MI, Jakarta: Kementerian Agama RI, 2010

Moh. Rafa’i, 300 hadits Bekal Da’wah dan Pembinaan Probadi Muslim, Semarang: Wicaksana, 1980

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2012, cet ke-12

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2013

Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2013

Sanapiah Faisal, Format-Format Penelitian, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007

Soeparno, Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta: PT. Intan Pariwara, 1988

Sofan, Amri, Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas, Jakarta: Pesta Sipustaka Karya, 2010

Suharsimi Arikunto dan Muchtarom, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Suharsimi Arikunto, dkk. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2012, cet.1 ed. revisi

Sukadi, Metodologi penellitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Zainal, Arsil, Micro Teaching, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2012, Cet ke-4

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Oktavia, Y. (2020). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir . Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 286–297. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.90