Etnomatematika Pertanian Penghasilan Kacang Tanah Desa Lamdesar Timur Kecamatan Tanimbar Utara Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Authors

  • Yoseph Watratan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Mesak Ratuanik Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Olivir Srue Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Saumlaki

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v1i1.50

Keywords:

Budaya, pertanian penghasilan kacang tanah, etnomatematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif yang berarti bahwa peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab-akibat atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui materi-materi matematika yang terdapat pada kegiatan pertanian penghasilan kacang tanah masyarakat Desa Lamdesar Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena peneliti ingin menggambarkan dan menguraikan secara rinci dan mendalam mengenai etnomatematika dalam budaya masyarakat desa Lamdesar Timur khususnya mengenai proses pertanian penghasilan kacang tanah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi lapangan, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya pertanian penghasilan kacang tanah yang berlangsung dikalangan masyarakat Desa Lamdesr Timur sebagai pekerjaan pokok. Masing-masing kegiatan pertanian penghasilan kacang tanah dalam satu tahun digali satu-persatu untuk mengetahi materi-materi matematika yang terlibat dalam pertanian penghasilan kacang tanah. Materi-materi matematika tersebut diantaranya, himpunan, persegi dan persegi panjang, kesebangunan, theorem Pythagoras, bilangan bulat, pecahan dan perbandingan. Pemetaan tersebut secara rinci dan spesefik direalisasikan pada pembelajaran matematika. Materi matematika yang dapat dirancang pembelajarannya dengan melibatkan budaya pertanian penghasilan kacang tanah Desa Lamdesar Timur.

References

Bakker, J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar,Yogyakarta: Kanisius.

Chemiller, Marc. 2002. Ethnomusicology, Ethnomatematics. The Logic Underlying Orally Transmitted Artisticpractices. In G. Assayag., H.G.

Didi Haryono. 2014. Suatu Tujuan Epistemologi dan Filosofis: Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta.

E. B. Tylor (Ratna, 2005:13) Jurnal Eksplorasi Etnomatematika Petani Dalam Lingkup Masyarakat Jawa Halaman 92

Hartoyo, Agung. (2013). Etnoateatika pada Budaya asyarakat Dayak perbatasan Indonesia-Malaysia.Jurnal Penelitian Pendidikan, pp. 29-40.

Indriyarti, L. (2017), Eksplorasi etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber belajar Matematika pada Jenjang. MI. Jurnal Ilmiah “ Pendidikan Dasar” IV (1): 21-31.

Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Marsigit. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika berbasis Etnomatematika.Makalah di presentasikan pada seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Budaya 2016,dengan tema: Etnomatematika, matematika dalam Prespektif Sosial dan Budaya Sumatra Barat. Indonesia. Hal 1-38.

Noor, Isran. 2012. Buku Pintar Penyuluh Pertanian. Jakarta: Perhiptani.

Orey, (2000, 249) Jurnal Eksplorasi Etnomatematika Petani Dalam Lingkup Masyarakat Jawa Halaman 92.

Pixten, R. 1994. Ethnomathematics And Its Practice: For The Learning Of Mathematics. 23-25.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo [Versi Elektronik]. MATHEdunesa, 1(1).

Jurnal Studi Etnomatematika Di Kalangan Petani Desa Kelir Kecamatan Kaliporo, Halaman 51.

Rachmawati, Inda. 2010.jurnal Eksplorasi Etnomatematika masyarakat Sidoarjo.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Sastra dan Cultural Studies Representrasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratuanik Mesak, dkk (2018). Pemanfaatan Etnomatematika Kerajinan Tangan Anyaman Masyarakat Maluku Tenggara Barat Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 4(2), 80-89.

Rossa, M & Orey, D. C. 2011. Ethnomatematics. The Cultural Aspect of Mathematics. Revista Lationamericana de Ethnomathemqatica.

Subagyo, P. Ari dan Sudartomo Macharyus. 2009. Peneroka Hakikat Bahasa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Shirley. L. 2001. Using ethnomathematics to Find Multicutural Mathematics Conection. In P. A. Hause dan A. F. Coxford (ed) connecting mathematics Across the Curriculum. Reston, VA: NCIM.

Walter, Martin. 2011. Mathematics For Enviroment. New York: CRC Press.

Published

2023-06-07

How to Cite

Etnomatematika Pertanian Penghasilan Kacang Tanah Desa Lamdesar Timur Kecamatan Tanimbar Utara Kabupaten Kepulauan Tanimbar. (2023). Leibniz: Jurnal Matematika, 1(1), 21-35. https://doi.org/10.59632/leibniz.v1i1.50