Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Trigonometri pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Discovery Learning di SMA Negeri 7 Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang pokok bahasan trigonometri pada siswa kelas XI IPA-1 SMAN 7 Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Bogor pada bulan Juli s.d Desember 2018. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung dalam 2 siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI IPA-1 berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. hasil ulangan rata-rata memperoleh nilai 62,12. Dari 33 peserta didik hanya 9 peserta didik atau 27,27% yang memperoleh nilai di atas KKM, dan 24 peserta didik atau 72,72% memperoleh nilai di bawah KKM. Pada Siklus I menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan atau ketuntasannya terjadi peningkatan dibandingkan dengan sebelum dilakukan penelitian walaupun masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata 72,73. Peserta didik yang hasil belajarnya di atas KKM ada 20 orang atau 60,61% dari nilai KKM. Siklus II rata-rata nilai peserta didik 82,88 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Peserta didik yang hasil belajarnya di atas KKM ada 32 orang atau 96,97% dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan belajar Trigonometri dan hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 7 Bogor.