Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Cloze Procedure

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas VIII E dalam menulis teks deskripsi bahasa Inggris. Teknik yang dipilih dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Cloze Procedure. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karangkobar semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E  yang berjumlah 32 siswa dengan menerapkan teknik cloze procedure dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis teks deskripsi siswa sebesar 58 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 25%,maka dilakukan penelitian pada siklus II. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 62,5%. Karena belum mencapai indikator keberhasilan, maka dilakukan Siklus III. Hasil yang diperoleh pada sikulus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 70, dan persentase klasikal sebesar 81,25 %. Penerapan teknik cloze procedure sebagai teknik pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dlam menulis teks deskripsi bahasa Inggris. Oleh karena itu disarankan agar guru bahasa Inggris menerapkan teknik cloze procedure dalam mengajarkan keterampilan menulis.