Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup di Kelas VI SD Hobatete Laboya Barat
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v1i1.26Keywords:
Model Pembelajaran Inquiri, Hasil Belajar, Makhluk HidupAbstract
Pendidikan merupakan suatukompentensi yang harus dimiliki sebuah bangsa untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sebagai penunjang pembangunan bangsa tersebut. Pendidikan juga seharusnya berorientasi pada kreasi-kreasi baru dan kepada sifat dan hakekat anak didik. Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan mempelajari segala sesuatu yang terjadi maupun yang sedang atau akan terjadi dalam kehidupan manusia. Tak terkecuali pendidikan IPA karena IPA adalah sebuah ilmu pasti yang menjadi dasar dari imulain, sehingga ilmu pengetahuan alam saling berkaitan dengan ilmu yang lain. Penerapan model pembelajaran yang baik harus dilakukan agar mendukung proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini berlaku untuk semua mata pelajaran termasuk pendidikan IPA di sekolah .Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi ciri-ciri khusus makhluk hidup, dengan menggunakan Metode Inquiri, Siswa Kelas VI SD Inpres Hobatete? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan refleksi berulang dan terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VI SD Inpres Hobatete tahun pelajaran 2016/2017sebanyak 25siswa. Hasil penelitian siklus I dengan menerapkan Model Pembelajaran Inquri pada pokok bahasan Ciri-Ciri khusus Makluk Hidup diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal (KB) 92 % dan sudah mencapai criteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan siklus II yang menekankan pada perbaikan pada siklus I dengan menerapkan model Pembelajaran Inquiri pokok bahasan Ciri-Ciri khusus Makluk Hidup diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu100 %. Hal ini menunjukan bahwa KKM sudah tercapai. Kesimpulannya penerapan Model Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan Ciri-Ciri khusus Makluk Hidup siswa kelas VI SD Inpres Hobatete.
Downloads
References
Arikunto, Suharsini. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAngkasa
Hariyono S.Pd. 2013. Model Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Kepel Press
Noehi Nasution, Dkk. 2002. Pendidikan IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sobry, Sutikno. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Prospect
Suliyanto Heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/ MI Kelas V. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional
W. Anita Sri. 2009. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta : Universita Terbuka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.