Pembelajaran Pendidikan Kewargangeraan sebagai Upaya Meningkatkan Moralitas Anak
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.93Keywords:
Moralitas anak, pendidikan kewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan moralitas anak yang sudah menurun untuk membangun generasi penerus yang memiliki moralitas sesuai dengan moral warga negara Indonesia melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian anak-anak sekolah dasar dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumen dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan zaman, lingkungan tempat bermain, dan bimbingan orang tua sangat mempengaruhi terhadap perkembangan moralitas anak. Dan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat menjadi salah satu untuk menyelesaikan masalah-masalah diatas.
Downloads
References
Mushlisin. (2012). Pengertian moral dan moralitas. Jakarta
Silvia, Rahma Meleta. (2013). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap moral anak sekolah dasar. Jurnal Universitas Lampung.
Zuldafrial. (2017). Perkembangan nilai, moral dan sikap remaja.
Ida Rohayani, Achmad Kosasih Djahiri, & Sapriya. (2019). Pengaruh Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Karakter Warga Negara.
Muhammad Rizal. (2020). Pengaruh Lingkungan Terhadap Etika dan Moral.
Irma. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Moral Suatu Bangsa. Jurnal UIN ArRaniry.
Ahmad Yanizon. (2016). Perang Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral anak.
Purnomo Cahyo Aji. (2018). Peran PKN dalam pembentukan karakter kewarganegaraan. Jurnal UNS Surakarta.
Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Nondikotomik. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Winarno. (2012). Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Panduan Praktis Pembelajaran. Yuma Pustaka: Surakarta.
Bawazir, Djuharah.(2007). Model Sistem Pendidikan Bunyan Pendekatan Holistik menuju Dewasa Moral di usia 15 tahun berakhlak mulia, Cerdas, Kreatif Imajinatif. Jakarta: PT. Bunyan Andalan Sejati
Syaifullah.(2006). Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan menyambut 70 tahun Prof. Drs. A. Kosasih Djahiri. Bandung: Laboratorium PKn FPIPS_UPI
Branson. S. Margaret dkk. (1999). “Belajar “Civic Education” dari Amerika”, Yogyakarta: diterbitkan atas kerjasama: Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKiS) dan The Asia Foundation (TAF)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.