Pembelajaran Pendidikan Kewargangeraan sebagai Upaya Meningkatkan Moralitas Anak

Authors

  • Fadilah Putri Awaliah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.93

Keywords:

Moralitas anak, pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan moralitas anak yang sudah menurun untuk membangun generasi penerus yang memiliki moralitas sesuai dengan moral warga negara Indonesia melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian anak-anak sekolah dasar dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumen dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan zaman, lingkungan tempat bermain, dan bimbingan orang tua sangat mempengaruhi terhadap perkembangan moralitas anak. Dan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat menjadi salah satu untuk menyelesaikan masalah-masalah diatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mushlisin. (2012). Pengertian moral dan moralitas. Jakarta

Silvia, Rahma Meleta. (2013). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap moral anak sekolah dasar. Jurnal Universitas Lampung.

Zuldafrial. (2017). Perkembangan nilai, moral dan sikap remaja.

Ida Rohayani, Achmad Kosasih Djahiri, & Sapriya. (2019). Pengaruh Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Karakter Warga Negara.

Muhammad Rizal. (2020). Pengaruh Lingkungan Terhadap Etika dan Moral.

Irma. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Moral Suatu Bangsa. Jurnal UIN ArRaniry.

Ahmad Yanizon. (2016). Perang Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral anak.

Purnomo Cahyo Aji. (2018). Peran PKN dalam pembentukan karakter kewarganegaraan. Jurnal UNS Surakarta.

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Nondikotomik. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Winarno. (2012). Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Panduan Praktis Pembelajaran. Yuma Pustaka: Surakarta.

Bawazir, Djuharah.(2007). Model Sistem Pendidikan Bunyan Pendekatan Holistik menuju Dewasa Moral di usia 15 tahun berakhlak mulia, Cerdas, Kreatif Imajinatif. Jakarta: PT. Bunyan Andalan Sejati

Syaifullah.(2006). Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan menyambut 70 tahun Prof. Drs. A. Kosasih Djahiri. Bandung: Laboratorium PKn FPIPS_UPI

Branson. S. Margaret dkk. (1999). “Belajar “Civic Education” dari Amerika”, Yogyakarta: diterbitkan atas kerjasama: Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKiS) dan The Asia Foundation (TAF)

Published

20-05-2021

How to Cite

Pembelajaran Pendidikan Kewargangeraan sebagai Upaya Meningkatkan Moralitas Anak. (2021). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 22-29. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.93