Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Desa Trangkil RW 02

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang tepat untuk membentuk disiplin belajar anak selama pembelajaran daring di Desa Trangkil RW 02. Penelitian ini dilakukan di Desa Trangkil RW 02 pada bulan Februari 2021. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek penelitian anak kelas 4 dan kelas 5 Sekolah Dasar bersama orang tua anak yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan pencatatan lapangan. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data (pengumpulan data), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yaitu tiga orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis dan satu orang tua yang menerapkan pola asuh permisif. Melalui pola asuh demokratis orang tua menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang sudah diterapkan kepada anak sejak kecil. Maka dari itu, anak akan terbiasa dengan penerapan yang dilakukan oleh orang tua yaitu disiplin. Pola asuh demokratis sangat cocok untuk diterapkan oleh orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak.