Penanaman Nilai Nasionalisme Kebangsaan pada siswa SD Muhammadiyah Muntok Bangka Barat

Authors

  • Arfadila Universitas pendidikan indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.84

Keywords:

Nilai Nasionalisme, Penanaman, Pembelajaran

Abstract

Penanaman nilai nasionalisme dapat dilaksanakan dengan berbagai hal. Tujuan untuk penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan nilai-nilai nasionalisme, kendala, serta cara penyelesaian dalam pelaksanaan pemberian nilai nasionalisme di SD Muhammadiyah Muntok. Pelaksanaan, hambatan serta solusi dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penguatan nilai-nilai nasionalisme didalam pembelajaran dan diluar kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjeknya adalah guru kelas dan guru mata pelajaran SD Muhammadiyah Muntok. Pengumpulan melalui wawancara langsung, pengumpulan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  SD Muhammadiyah Muntok melaksanakan penanaman nilai nasionalisme didalam serta didalam kegiatan pembelajaran. Contoh penanaman nilai nasionaliseme tersebut seperti menyelipkan berbagai hal dan melakukan kegiatan yang mengandung nilai-nilai nasionalisme selama kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wuryandani, W. (2010). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran untuk menanamkan nasionalisme di sekolah dasar. In Proceding seminar nasional lembaga penelitian UNY pp. 1-10.

Wuryandani, W. (2014) . Membangun Karakter Bangsa Melalui Penanaman Nilai Nasionalisme Untuk Anak Usia Dini.

Rahmah, I.W. ( 2019) . Penanaman Karakter Nasionalisme di SD NU Master Sokaraja Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Muthoharoh, A.I. (2015) . Pendidikan nasionalisme melalui pembiasaan di sd negeri kuningan 02 semarang utara. Unnes Civic Education Journal.

Kurniawan, F., and Ruslan, R.( 2018). Pelaksanaan Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme pada siswa SD Negeri Unggul. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), pp. 115-116.

Indraswati, D., and Sutisna, D.( 2020). Implementasi Penenaman Nilai-nilai nasionalisme di SDN Karanganyar Gunung 02, Candisari, Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2), pp. 73-78.

Syarif, F.(2019). Integrasi nilai kearifan lokal terhadap penanaman nasionalisme bagi siswa sekolah. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(2), pp.187-195.

Siregar, E.(2016). Penanaman nilai-nilai kebangsaan pada siswa sekolah dasar di Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 1(1), pp.47-47.

Shandy, R.R.(2018). Implementasi penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Lowokwaru 2 Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Berra, E.D.( 2018). Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pkn Di SD Negeri 08 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Kamisi, M., and Hasyim, R.( 2016). Peranan Guru dalam Membangun Kesadaran Cinta Tanah Air Pada Siswa Sekolah Dasar (Telaah Teoritik). Pedagogik, 4(1), pp. 29-31.

Kurniawan, A.(2020) . Peranan guru dalam membentuk karakter nasionalisme pada siswa sekolah dasar negeri Genengsari 01 kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 2(2), pp 49-51.

Sari, I.P. and Apriani, A.N. (2020). Pengembangan SSP tematik integratif berbasis LVEP untuk peenguatan karakter nasionalisme peserta didik SD.. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1), pp.132-140.

Jayendra, P.S.(2021). Nasionalisme dalam bayang-bayang pandemi covid-1919 : Sebuah refleksi peran public relations dalam penguatan nilai-nilai kebnagsaan.

Kusumawardani, A., & Faturochman, M.A. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2), pp. 64-66.

Published

20-05-2021

How to Cite

Penanaman Nilai Nasionalisme Kebangsaan pada siswa SD Muhammadiyah Muntok Bangka Barat. (2021). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 72-79. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.84