Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar  dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kuantitatif merupakan pendekatan yang diambil dalam penelitian ini. Sedangkan deskriptif adalah metode yang digunakan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 orang siswa SMP. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket  secara  online   kepada  60  reponden  siswa  melalui Google From pada   masa   pandemi   Covid-19.   Sample   merupakan   siswa SMP  daerah Sukabumi Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan angkat, dukumentasi, dan observasi. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan membuat angket dari teori yang diambil dengan masing-masing instrument setia variable yaitu 15 butir soal. Prosedur analisis data menggunakan stattistik dengan bantuan SPSS. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh bimbingan orangtua terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran jarak jauh. Dimana Besar pengaruhya yaitu 79,6% dalam meningkatkan motivasi belajar saat pembelajaran jarak jauh (PJJ).