Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Kemandirian belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan komunikasi interpersonal guru dengan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, dan jenis penelitian Survey. Populasi penelitian berjumlah 65. Sedangkan sampel berjumlah 40 dengan teknik probability sample dan rumus taro yamane. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa Kelas VII SMP di SMP IT Darul Falah dan SMP NU Shofiyatul Huda. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket yang masing-masing terdiri dari 15 pernyataan. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan Komunikasi Interpersonal Guru berpengaruh terhadap kemandirian belajar yaitu  sebesar  28 %, Sedangkan dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pendekatan komunikasi interpersonal guru terhadap kemandirian belajar siswa hal ini karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < α (0,05).