UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DAMPAK GLOBALISASI DENGAN GABUNGAN METODE CERAMAH DAN KERJA KOLOMPOK PADA SISWA KELAS VII-4 SMP NEGERI 29 JAKARTA SELATAN

Authors

  • Rasminah SMP Negeri 29 Jakarta Selatan

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v5i2.176

Keywords:

hasil belajar, dampak globalisasi, metode ceramah

Abstract

Pada dunia pendidikan khususnya proses belajar mengajar sebenarnya mempunyai banyak sarana dan materi yang secara representatif dapat membantu tercapainya tujuan belajar dalam setiap bidang studi. Media pengajaran pada dasarnya dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas untuk setiap tingkatan di setiap jenjang pendidikan, antara lain yaitu usaha pemanfaatan gambar metode Ceramah dan Kerja Kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar pada bidang studi IPS Geografi. Melalui pelajaran geografi dimaksudkan untuk memberikan bekal kemampuan dan sikap rasional dan bertanggung jawab dalam menghadapi gejala alam dengan kehidupan di muka bumi serta permasalahan yang timbul akibat interaksi antara manusia dan lingkungan.

Pembelajaran dengan pengajaran berbasis Ceramah dan Kerja Kelompok untuk materi IPS materi proses alam endogen dan eksogen memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,50%), siklus II (85,00%), siklus III (100%). Penerapan pengajaran berbasis Ceramah dan Kerja Kelompok untuk materi IPS materi proses alam endogen dan eksogen mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mempelajari pelajaran tematik yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pengajaran berbasis Ceramah dan Kerja Kelompok untuk materi IPS

Downloads

Published

2021-06-08

How to Cite

Rasminah. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DAMPAK GLOBALISASI DENGAN GABUNGAN METODE CERAMAH DAN KERJA KOLOMPOK PADA SISWA KELAS VII-4 SMP NEGERI 29 JAKARTA SELATAN . Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 5(2), 71-78. https://doi.org/10.56745/js.v5i2.176