Membangun Karakter Bermasyarakat Dan Bernegara Dengan Nilai-Nilai Pancasila

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v5i1.79

Keywords:

Membangun, Karakter Bangsa, Pancasila

Abstract

Penelitian ini ingin menemukan jawaban apakah Pancasila sebagai dasar negeara telah dijadikan landasan membangun karakter bermasyarakat dan bernegara. Mengingat begitu derasnya upaya budaya luar yang tidak sejalan dengan nilai-nilai dan budaya Indonesia. Perubahan suasana politik setelah reformasi memberikan kesan bahwa adanya dinamika perubahan dalam berbangsa dan bernegara. Rerfomasi telah membaha perubahan dalam beberapa hal, termasuk adanya amandemen UUD 1945, bagi Sebagian kalangan amandemen sebagai suatu hal yang biasa, tetapi Sebagian yang lain mengkuatirkan akan terjadinya disentegrasi bangsa, mengingat arus deras budaya luar yang masuk, dikuatirkan amandemen akan melemahkan nilainilai Pancasila dalam membangaun budaya dan karakter bangsa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka, dinama data didapat dari buku, jurnal dan karya ilmiah yang lainnya.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam membangun karakter kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara merupakan suatu keniscayaan, agar Pancasila tetap menjadi pedoman dalam pengambilan kebijaksanaan dan pemecahan masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Downloads

Published

2021-02-01 — Updated on 2021-06-08

Versions

How to Cite

Sarnoto, A. Z. (2021). Membangun Karakter Bermasyarakat Dan Bernegara Dengan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 33-39. https://doi.org/10.56745/js.v5i1.79 (Original work published February 1, 2021)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>