Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V Sdn 13 Manggelewa Kabupaten Dompu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa tulis pada teks narasi siswa kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif yaitu data yang dianalisis tidak untuk menerima dan menolak hipotesis melainkan deskripsi dari gejala yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah teks narasi siswa kelas V SDN 13 Manggelewa sebanyak 10 buah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana pengambilan sampel menggunakan pertimbangan tertentu. Teknik dalam pengumpulan data yaitu teknik triangulasi antara teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan pemakaian huruf kapital menjadi kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu sebanyak 88 kesalahan dengan persentase 46,56%. Kesalahan dalam pemakaian pemilihan kata/diksi menempati urutan kedua dengan jumlah kesalahan 58 dengan persentase 30,68%. Kesalahan penggunaan tanda baca khususnya tanda titik dan tanda koma masing-masing berjumlah 25 dan 18 kesalahan dengan persentase 13,23% dan 9,53%. Saran untuk guru yaitu memberikan pembelajaran yang baik dan kreatif khususnya dalam aspek penulisan. Selain itu untuk siswa diharapkan berlatih dengan bimbingan guru.