Pengaruh Pemanfaatan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 7 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020

Abstract

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan membaca siswa dikelas II SDN 7 Ampenan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 7 Ampenan tahun pelajaran 2019/2020. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimen. Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 7 Ampenan yang berjumlah 20 siswa dari masing-masing kelas yang terdiri kelas eksperimen dan kelas kontrol dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes unjuk kerja kemampuan membaca permulaan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemanfaatan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 7 Ampenan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan menggunakan uji t-test pada taraf kepercayaan 5% dengan hasil yaitu thitung = 2,870 > ttabel = 2,024. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat mengembangkan materi apa saja yang cocok dengan media kartu huruf dalam proses pembelajaran.