Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V Gugus 3 Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2019/2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar PPKn siswa Kelas V Gugus 3 Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penlitian ini menggunakan Teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel 54  siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian masing-masing kelas diberikan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Course Review Horay sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan selanjutnya setiap kelas diberikan post-test. Hasil uji hipotesis yang menggunakan t-tes dengan bantuan SPSS versi 18 menunjukkan ada Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V Gugus 3 Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2019/2020, dengan hasil 3,612 > 2,007pada taraf signifikasn 5%. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan uji hipotesis bahwa thitung > ttabel  maka Ha diterima dan H0 ditolak.