Penerapan Strategi Discovery Learning dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI B SDN 19 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Saintifik Strategi Discovery Learning dengan Metode Diskusi  dalam upaya meningkatkan aktivitas bertanya  dan hasil belajar IPA siswa Kelas VI-B SDN 19 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah mendorong peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosiolisasi dengan teman sebagai dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Dan bagi guru meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan saintifik dan strategi discovery learning dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif) dengan metode diskusi Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru  sebesar 4,42, hasil observasi aktivitas bertanya Peserta didik mencapai ( 50% )dengan kategori cukup aktif.  Sedangkan dampak dari peningkatan aktivitas bertanya  adalah meningkatnya perolehan hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata (77,25 ), artinya indicator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 70,00) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.