Pengaruh Living Values Education Program Terhadap Penguatan Karakter Nasionalisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidakmya pengaruh Living Values Education Program berbantuan Value Clarification Technique terhadap peningkatan karakter nasionalisme peserta didik pada pembelajran PPKn di SDN gugus Woro tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen yang dilakukan di SDN Gugus woro. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Woro yang berjumlah 61 orang. Sampel penelitian iniĀ  SDN Inpres 1 Woro dan SDN Inpres 2 Woro yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket karakter nasionalisme. Hasil dari penelitian ini setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh thitung=3.406. Sedangkan nilai ttabel=2.228. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, jika thitung < ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan LVEP berbantuan model pembelajaran VCT berpengaruh terhadapĀ  penguatan karakter nasionalisme peserta didik kelas V di SDN Gugus Woro.